Menyiapkan Mp-Asi Sesuai Usia Si Kecil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

252

Pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) perlu dilakukan pada bayi agar gizi yang ia butuhkan tetap terpenuhi. MP-ASI bisa berupa buah, bubur, atau makanan pendamping lainnya. Kapan sebenarnya waktu paling tepat memberi makanan pendamping ASI pada bayi? Menurut penelitian, saat bayi berusia enam bulan adalah waktu yang tepat, karena pada periode itu kebutuhan nutrisi pada bayi tidak terpenuhi hanya dengan pemberian ASI. Selain itu, saat berusia enam bulan, saluran cerna bayi sudah siap untuk menerima makanan selain ASI. Berikut tahapan pengenalan MP-ASI supaya Bunda tidak bingung ya.

  1. Usia 6 bulan

Mulailah dengan makanan lunak seperti biskuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning. Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan yaitu: zucchini, pisang, pir, alpukat, dan jeruk.

  1. Usia 7 bulan

Perkenalkan makanan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus meskipun bayi menolak atau muntah karena tahapan ini harus dilaluinya. Jika tidak ke depannya bayi akan malas mengunyah. Tambahkan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang.

Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring. Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, dll. Tambahkan sumber protein seperti ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, dan tempe.

  1. Mulai usia 9 bulan

Dimulai dengan memperkenalkan bubur ditambahkan ayam atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup. Kemudian nanti pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan yang sama dengan keluarga.

Prinsipnya, seiring bertambah usia, bayi akan membutuhkan lebih banyak nutrisi yang berasal dari berbagai jenis makanan. Pemberian MP-ASI sesuai jadwal makan bayi 6 bulan yang benar, teratur, dan sesuai takaran bisa membantu bayi membiasakan diri dengan MP-ASI. Selamat mencoba ya bunda. (SA/CM)

Daftar Pustaka

Depkes RI, 2010, Pedoman Pemberian Makanan Pendamping ASI, Depkes RI, Jakarta