Merasa Pusing? Coba Cek Yuk, Mungkin Anda Mengalami Salah Satu Dari 4 Kondisi Medis Ini

147

Apakah Anda pernah mengalami pusing secara tiba-tiba? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab iya. Pusing adalah kondisi dimana seseorang mengalami rasa berkunang-kunang, limbung, mual, rasa terhuyung dan merasa lemas.

Kondisi ini memang sering dirasakan, kemudian bila mengalami hal ini berarti kemungkinan Anda mengalami apa? Ada 4 kondisi medis yang dapat membuat Anda mengalami pusing. Agar Anda menjadi lebih tahu dibawah ini ada penjelasan mengenai kondisi medis yang membuat Anda mengalami pusing.

 

Berikut adalah kondisi medis tersebut:

1.      Flu

Saat seseorang mengalami flu maka bisa mengalami pusing. Flu dapat disebabkan oleh infeksi virus. Dimana terjadi penumpukan lendir dan cairan lain yang dapat menyumbat saluran napas dan telinga bagian dalam. Hal ini dapat menyebabkan pusing dan gangguan keseimbangan.

Jadi bila Anda mengalami kepala pusing, kemudian merasa hidung berair maka Anda akan mengalami flu. Untuk membantu mencegah flu segera istirahat, makan makanan yang sehat, banyak minum air putih.

2.      Tekanan darah rendah atau tinggi

Saat Anda merasa pusing, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah. Karena tekanan darah rendah (Hipotensi) atau tekanan darah tinggi (Hipertensi) sama-sama dapat menyebabkan pusing. Secara umum, tekanan darah yang dianggap normal adalah 120 mmhg untuk sistol dan 80 mmhg untuk diastol.

Kondisi tekanan darah tinggi biasanya dianggap lebih berbahaya dibanding dengan tekanan darah rendah. Karena bila seseorang mengalami masalah tekanan darah tinggi maka kemungkinan akan mengalami penyakit jantung dan stroke. Selain itu apabila Anda pernah mengalami serangan jantung atau stroke, darah yang beredar di otak Anda akan berkurang dan mengakibatkan pusing serta gejala lainnya.

3.      Kadar gula darah rendah atau tinggi

Selain periksa tekanan darah, periksa juga kadar gula darah Anda. Apabila seseoraang mengalami kondisi gula darah rendah atau hipoglikemi bisa mengalami pusing dan juga bila mengalami kondisi gula darah tinggi atau hiperglikemi maka juga menimbulkan rasa pusing. Jadi bila Anda memiliki riwayat kencing manis jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan gula darah dengan rutin. Karena kapan saja Anda bisa mengalami perubahan kadar gula darah dalam tubuh, yaitu tiba-tiba tinggi atau tiba-tiba rendah.

Perlu Anda ketahui gula darah adalah sumber energi utama dalam otak dan sebagian besar sel lain dalam tubuh. Kadar glukosa puasa normal adalah antara 70-100 mg/dl.

4.      Vertigo

Apabila pusing yang Anda alami cukup berat dan sangat mengganggu, serta membuat tubuh terasa berputar-putar, Anda mungkin mengalami vertigo.

Vertigo disebabkan oleh perubahan mekanisme keseimbangan di dalam telinga atau sistem vestibular atau pada jaringan penghubung mekanisme itu ke otak. Secara singkat, sistem vestibular mengira Anda sedang bergerak, padahal tidak, dan menciptakan sensasi berputar. Apabila vertigo terjadi cukup berat hingga menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, dan kehilangan keseimbangan selama berjam-jam.

 

4 kondisi diatas dapat menyebabkan Anda mengalami pusing, apabila Anda mengalami pusing secara terus menerus. Jangan merasa ragu untuk memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda yang sesungguhnya dan nantinya akan mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber: webmd