Merawat Anak Saat Terkena Campak

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

331

Hai, Bunda! sedang bingung cara merawat anak terkena campak? Bunda sebenarnya tidak usah terlalu panik, karena penyakit ini dapat sembuh sendiri asalkan daya tahan tubuhnya baik. Bunda perlu memberikan perhatian lebih terhadap asupan nutrisi dan cairan serta perkembangan penyakit agar komplikasi dari penyakit ini tidak timbul dan menyebabkan gangguan fungsi organ vital lain, seperti otak dan paru. Nah, kami berikan beberapa tips sederhana agar Bunda dapat merawat anaknya yang sedang sakit campak di rumah.

  1. Pastikan Anak beristirahat cukup

Anjurkan anak untuk banyak beristirahat, kurangi aktifitas fisik dan bermain. Karena anak yang menderita campak akan mudah lelah dan mengantuk. Dengan waktu istrahat yang cukup, hal tersebut dapat memulihkan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan perkembangbiakan virus didalam tubuh.

  1. Pastikan minum air putih yang cukup

Asupan air putih juga harus diperhatikan jumlahnya saat anak anda menderita campak, untuk menghindari anak anda mengalami dehidrasi akibat demam tinggi. Saat campak anak akan mengalami demam tinggi, hal tersebut akan menguras cairan dan elektrolit tubuh. Sehingga di sarankan bunda untuk memperhatikan asupan cairan kedalam tubuh anak.

  1. Berikan air kelapa muda

Air kelapa muda merupakan minuman yang dipercaya turun-temurun diberikan saat anak terkena campak. Hal ini dikarenakan air kelapa muda banyak mengandung nutrisi seperti lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, serta mineral seperti magnesium, zat besi, dan kalium yang berperan sebagai penurun demam, mengurangi rasa sakit dan lemas yang dirasakan anak yang menderita campak.

  1. Berikan madu secukupnya

Madu mengandung vitamin C yang bermanfaat mengurangi efek batuk, demam dan pilek. Selain vitamin C, madu juga mengandung vitamin B yang bermanfaat membantu tubuh untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit.

  1. Berikan makanan yang bergizi

Makanan bergizi memegang peran yang sangat penting dalam proses penyembuhan anak. Anjurkan anak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin yang terdapat pada buah dan sayur segar. Penyakit ini akan menyebabkan anak sulit untuk makan karena terjadi iritasi pada kerongkongan. Bunda sebaiknya mengatur porsi makan si anak, bunda dapat memberikan makanan dengan porsi sedikit namun sering.

  1. Berikan obat penurun panas

Jika anak tetap demam, sebaiknya anda memberikan obat penurun panas. Paracetamol adalah obat penurun panas yang paling umum, obat dapat diberikan setiap 4-6 jam sekali apabila suhu anak di atas 37.5’C. Jangan lupa untuk memberikan dosis obat sesuai dengan instruksi dari dokter agar demam segera turun, pemberian dosis yang salah hanya akan mengakumulasikan efek samping obat saja. (RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. https://rockingmama.id/post/jangan-panik-saat-merawat-anak-sakit-campak-lakukan-beberapa
  2. https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/merawat-anak-sakit-campak/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store