Merawat Odha Di Rumah

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

554

ODHA merupakan sebutan bagi orang yang telah terinfeksi oleh virus HIV. Pada keadaan ini tubuh penderita akan mengalami penurunan pada sistem kekebalan tubuhnya. Penderita ODHA selain dirawat di tempat rehabilitas, juga dapat dirawat di rumah agar pasien merasa lebih nyaman bersama keluarga dan mempermudah proses perawatannya. Berikut cara merawat ODHA dirumah.

  1. Anggota keluarga harus sudah mengetahui tentang ODHA

Langkah pertama yang anda harus lakukan untuk merawat penderita ODHA adalah Anda harus mengetahui segala hal tentang penyakit ini, dari cara penularan penyakit ini, cara merawat penderita dirumah dan cara melindungi diri Anda dan keluarga. Agar Anda dan keluarga Anda dapat terhindar dari penularan penyakit ini.

  1. Ajak penderita untuk berbicara atau berinteraksi

Virus HIV tidak akan terjangkit melalui udara ketika anda berbicara dengan penderita. Dengan berbicara dengan penderita, Anda dapat mengetahui lebih banyak tetang status kesehatan penderita. Dengan mengajak penderita berbicara dan berinteraksi dengan keluarga, hal tersebut dapat membantu kesehatan mental penderita. Mengingat orang yang menderita ODHA akan merasakan guncangan mental. Jadi disarankan untuk selalu mengajak penderita untuk berinteraksi dengan keluarga dekat.

  1. Cukupi asupan nutrisi

Bagi penderita ODHA sistem kekebalan tubuhnya melemah, sehingga penderita sangat membutuhkan asupan makanan yang sehat. Pola makan sehat yang kaya akan nutrisi dan gizi, serat dan cairan merupakan hal terpenting untuk menjaga daya tahan tubuh penderita. Anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh penderita, pastikan makanan yang dikonsumsi bersih, serta alat atau tempat yang digunakan untuk menyiapkan makanan selalu bersih dan steril.

  1. Atur waktu pemberian obat

Dengan mengatur waktu pemberian obat pada pasien ODHA, hal tersebut dapat membantu memperjuangkan hidup pasien tersebut. Karena dengan pemberian obat yang teratur, kesehatan si penderita akan terjaga. Selain pemberian obat Anda dapat menganjurkan penderita untuk menjalani hidup sehat. Hal tersebut dapat mengurangi gejala dan tanda yang diakibatkan oleh virus HIV. (RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. https://dokteraids.com/cara-merawat-odha-di-rumah/
  2. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hivaids/5-tips-aman-merawat-orang-dengan-hivaids-odha/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store