MERAWAT RADANG TENDON DI RUMAH

52

Tendon adalah jaringan tebal yang berfungsi menempelkan otot ke tulang. Apapun kegiatan yang dilakukan, semuanya melibatkan gerakan tendon pada persendian. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara tiba-tiba, berulang dan sering dapat menimbulkan robekan pada tendon hingga menyebabkan radang tendon.

Radang tendon atau tendinitis, harus diatasi dengan perawatan yang tepat. Jika tidak dilakukan perawatan, radang tendon bisa semakin parah dan bahkan ada kemungkinan tendon putus. Tendon yang paling sering mengalami peradangan adalah bagian bahu, siku, lutut, pergelangan tangan, pinggul dan pergelangan kaki.

Berikut ini beberapa langkah perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu mempercepat proses penyembuhan radang tendon, antara lain:

  • Mengistirahatkan tendon yang sakit

Istirahatkan bagian tubuh yang mengalami radang tendon agar peradangan dan pembengkakan tidak bertambah parah. Namun, Anda masih bisa melakukan aktivitas ringan yang tidak membuat tendon bekerja ekstra.

  • Mengompres dengan es batu

Untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit, kompres bagian tendon yang meradang dengan es batu yang dibungkus kain. Lakukan beberapa kali sehari selama 20 menit sampai rasa sakit pada peradangan mereda sehingga, tendon dapat kembali ke keadaan semula dan berfungsi seperti biasanya. Jangan lupa untuk mengangkat bagian yang dikompres lebih tinggi dan bebat menggunakan perban agar lebih efektif.

  • Minum obat antiradang

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak, minumlah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti paracetamolaspirin, dan ibuprofen sesuai anjuran dokter. Jika radang tendon berada di dekat permukaan kulit, Anda dapat menggunakan krim atau gel pereda nyeri agar rasa sakit lebih cepat mereda.

  • Melakukan peregangan

Jika radang tendon tidak parah, Anda dapat melakukan peregangan secara perlahan-lahan. Peregangan dapat membantu mengurangi ketegangan atau kekakuan otot, meningkatkan jangkauan gerak, dan melancarkan sirkulasi darah. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai teknik dan durasi peregangan yang dianjurkan.

  • Menggunakan alat penyokong sendi

Jika radang tendon terjadi pada pergelangan tangan, siku, atau lutut, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan alat pelindung atau penyokong sendi. Dengan alat ini, tendon yang bermasalah akan terlindung dan memudahkan Anda untuk dapat bergerak. Perlu diketahui bahwa tidak menggerakkan sendi yang bermasalah sama sekali juga tidak disarankan.

Apabila radang tendon tidak membaik setelah Anda melakukan perawatan di rumah, segera periksakan ke dokter. Jika tendon sudah putus, Anda mungkin perlu berobat ke dokter spesialis orthopaedi. Namun jika kondisi tendon yang bermasalah tidak terlalu parah, maka mungkin dokter akan menyarankan untuk melakukan fisioterapi atau memberikan obat antiradang golongan steroid. (REG/STE)

Sumber:

  1. Lindberg S. Stretching: 9 benefits, plus safety tips and how to start. Healthline. 2018
  2. Cluett J. Treatment of tendinitis. Verywell Health. 2018