Merawat Rambut Secara Alami

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

317

Rambut sering disebut sebagai mahkota bagi kaum wanita, dan karena itulah keindahan dan kesehatannya harus selalu  diperhatikan. Paparan radikal bebas, polusi, cahaya matahari, serta penggunaan bahan-bahan kimia untuk meluruskan rambut, mewarnai rambut, atau membentuk rambut ikal dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Rambut berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari panasnya sengatan matahari dan dari suhu yang dingin. Sebagian orang merasa merawat rambut itu sulit dan mahal, tetapi ternyata ada bahan- bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk perawatan rambut. Nenek moyang kita juga dulu menggunakannya sebelum muncul produk-produk kecantikan rambut yang modern. Sekalipun menggunakan bahan alami, namun hasilnya juga tidak kalah dengan menggunakan produk modern. Malah dalam beberapa hal, baham alami lebih aman dari pada produk modern yang proses pembuatannya menggunakan bahan kimia. Berikut bahan- bahan alami yang aman digunakan untuk merawat rambut :

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias, memiliki daun yang tebal dan panjang serta terdapat duri dipinggir daunnya. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis. Lidah buaya sudah sangat populer sebagai tumbuhan untuk perawatan rambut yang sangat ampuh. Lidah buaya memiliki kandungan tonik yang bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan memberikan nutrisi.

  1. Buah Zaitun

Buah zaitun banyak mengandung protein, asam amino, mineral dan lemak yang baik untuk tubuh. Buah ini bermanfaat untuk mengatasi rambut kering, ketombe, rambut rontok, sebagai nutrisi rambut, membuat rambut bercahaya dan memperkuat akar rambut.

  1. Bawang Merah

Bawang merah biasanya digunakan sebagai bumbu dapur yang beraroma dan  terasa sedikit pedas. Tapi ternyata di dalam Bawang merah banyak mengandung vitamin, mineral dan asam amino yang berfungsi sebagai penumbuh rambut rontok dan mencegah kebotakan.

  1. Daun Seledri

Selain terkenal sebagai bahan pelengkap masakan sop, seledri juga terkenal memiliki manfaat luar biasa untuk perawatan rambut. Ini dikarenakan seledri memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, natrium, zat besi serta kalsium. Seledri memiliki kemampuan menstimulasi rambut sehingga tumbuh lebih kuat dan sehat. mengatasi rambut rontok, mencegah kebotakan, membuat rambut bercahaya, hitam dan lebat.

  1. Daun Urang Aring

Daun urang aring banyak tumbuh liar di tepian sungai dan ladang. Belum banyak orang yang membudidayakan daun urang aring, karena memang tanaman ini tergolong tanaman rerumputan yang tingginya bisa mencapai 60cm. Urang aring bermanfaat menyuburkan rambut dan menjaga rambut tetap hitam kelam. Cara paling sederhana adalah dengan meremas-remas daun urang aring dengan sedikit air, kemudian oleskan air remasan tersebut ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit baru kemudian dibilas menggunakan air bersih dingin. (RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. https://vebma.com/list/18-tanaman-yang-dapat-digunakan-untuk-merawat-keindahan-rambut/11876
  2. https://samishare.com/20-bahan-alami-untuk-perawatan-rambut-1693
  3. https://merdeka.com/gaya/8-bahan-alami-penyubur-rambut.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store