Mewarnai Rambut Biar Bisa Eksis Terus Saat Hamil Itu Bahaya Untuk Janin Atau Tidak?

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok lewat aplikasi

223

Berbicara soal rambut, pewarnaan rambut tampaknya menjadi sangat umum hari ini, dari mulai untuk bergaya sampai kebutuhan untuk menutupi rambut beruban. Ada sedikit dan terbatas penelitian tentang dampak penggunaan warna rambut permanen dan semi permanen selama kehamilan, dan sejauh ini, hasilnya belum menunjukkan efek berbahaya. Menurut penelitian yang terbatas menunjukkan bahwa bahan kimia yang diserap oleh kulit selama pewarnaan rambut sangat minim dalam menyebabkan masalah pada bayi.
Namun dalam kasus tertentu, dokter mungkin menyarankan menunggu sampai trimester kedua untuk menghindari adanya masalah pada janin/ Namun, jika Anda masih merasa khawatir dan tidak yakin apa yang harus dilakukan, kami menyajikan tips di bawah ini untuk membuat lebih mudah bila ingin mewarnai rambut:

1.      Jangan Mewarnai Seluruh Rambut
Dibanding Anda memilih untuk mewarnai seluruh rambut, Anda bisa mencoba mewarnai sebagai rambut misal seperti ombre dimana zat pewarna tidak menyentuh kulit kepala Anda dan karenanya tidak masuk ke dalam tubuh Anda.

2.      Pilih Pewarna Rambut Yang Berbahan Dasar Alami
Untuk menghindari efek yang tidak diinginkan maka Anda bisa memilih pewarna rambut yang berbahan dasar alami. Pastikan menggunakan pewarna yang disebut “produk alami” tidak mengandung bahan kimia seperti p-phenylenediamine, dihydroxybenzene, dan aminofenol yang digunakan oleh perusahaan kosmetik.

3.      Menggunakan daun Henna murni
Bahan ini bisa juga menjadi pilihan, tapi sekali lagi, Anda harus membaca bahan-bahan dengan hati-hati karena beberapa bubuk heena dapat mengandung tembaga atau besi bekas.

4.      Lakukan di Salon
Jika Anda ingin mewarnai rambut Anda, jangan melakukannya sendiri, lebih baik lakukan di salon dimana dilakukan oleh mereka yang sudah ahli.

5.      Memilih Pewarna Rambut Bebas Amonia
Biasakan menggunakan pewarna bebas amonia bahkan setelah kehamilan Anda berakhir.

6.      Ventilasi Baik
Saat Anda melakukan pewarnaan rambut pastikan jendela terbuka dan ruangan memiliki ventilasi yang cukup sehingga Anda tidak menghirup banyak bahan pewarna.
Jadi bila Anda ingin mewarnai rambut masih boleh dilakukan namun ada baiknya Anda menghindari hal ini agar menjaga janin Anda tetap aman. Anda bisa melakukannya nanti setelah melahirkan dan mengganti warna rambut sesuka hati Anda.

——–

Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok