Minum Bersoda Bukan Teman Baik Untuk Haid

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

197

Minuman bersoda banyak tersedia dimasyarakat dengan berbagai varian rasa dan kemasan. Dengan rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda banyak digemari masyarakat. Di kalangan wanita, minuman bersoda juga sering kali menjadi primadona. Bukan hanya karena rasanya yang menyegarkan namun juga khasiatnya yang banyak dipercaya kalangan wanita untuk minuman pelancar haid. Namun, apakah benar minuman bersoda benar-benar dapat memperlancar haid? Atau kah hanya sekedar mitos belaka? Untuk lebih tahu hubungan minuman bersoda dan haid, yuk simak tulisan berikut!

  • Awal mula minuman soda memperlancar haid

Mitos minuman bersoda di kalangan wanita untuk memperlancar haid sudah ada sejak lama, namun tidak diketahui asal mulanya. Mungkin karena rasanya yang manis dan sensasi menyegarkan dari kandungan karbondioksida yang terdapat pada minuman bersoda dapat memberikan rasa segar pada wanita yang sedang mengalami PMS (Pre Menstruation Syndrome) ataupun nyeri haid.

  • Kandungan minuman bersoda yang mempengaruhi haid

Pada minuman bersoda terkandung kafein dan kadar gula yang tinggi, kedua kandungan ini yang berpengaruh pada haid. Kafein dapat memicu peningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Biasanya untuk mengatasi nyeri saat PMS, beberapa wanita memilih minuman berkafein yang dirasa dapat memulihkan tenaga, namun sesungguhnya meningkatnya kandungan kafein dalam darah ketika haid dapat menyebabkan kelelahan yang lebih dari biasanya. Selain itu kafein dapat meningkatkan ketegangan yang dapat memperparah nyeri ketika haid. Sedangkan kadar gula yang tinggi pada minuman bersoda dapat meningkatkan berat badan terutama ketika sedang haid atau PMS banyak wanita yang malas untuk bergerak atau beraktivitas.

  • Makanan yang dianjurkan ketika haid atau PMS

Ketika PMS atau haid tiba banyak wanita merasa kembung, kram, dan mood swing. Tanpa disadari berpengaruh pada keinginan makan yang cenderung memilih comfort food seperti junk food ataupun makanan dan minuman manis. Hal ini juga tentunya dipengaruhi oleh fluktuasi hormon yang terjadi.

Untuk mencegah dan mengatasi gejala PMS, gantikan keinginan makan Anda terhadap makanan-makan yang tidak sehat ke makanan yang yang lebih menyehatkan dan bermanfaat yaitu

  • Salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang baik yang tidak hanya memiliki manfaat untuk jantung, tetapi juga dapat memberikan manfaat saat menstruasi karena berfungsi sebagai antiradang yang dapat mengurangi nyeri.
  • Brokoli mengandung 91 persen berat air, yang dapat membantu menghilangkan kembung saat PMS atau haid.
  • Biji labu dapat membantu mengurangi kelebihan air dalam tubuh karena kandungan magnesium yang mengikat air dan membuangnya dalam kencing. Biji labu juga dapat mencegah perubahan suasana hati karena kandungan dalam biji labu dapat mengatur kadar hormon serotonin yang menyebabkan perasaan tetap bahagia.
  • Pisang dikenal sebagai bantuan tidur alami karena mengandung melatonin yang membantu mengatur ritme alami tubuh dan membuat istirahat malam yang lebih baik. Nyeri dan tidur adalah lingkaran setan saat rasa sakit menganggu tidur dan kurang tidur membuat rasa sakit bertambah buruk. Makan pisang bisa membantu memerangi keduanya.
  • Quinoa baru-baru ini menjadi superstar makanan kesehatan karena kaya akan protein yang mengandung semua sembilan asam amino esensial, dan serat dua kali lebih banyak daripada biji-bijian lainnya. Karbohidrat kompleks, tinggi zat besi, dan vitamin B12 yang terdapat didalamnya dapat membantu mengatur perubahan suasana hati dan merangsang produksi energi

Maka, dari penjelasan diatas masih mau kah kah Anda mengkonsumsi minuman bersoda saat haid? Mari patahkan mitos minuman bersoda untuk memperlancar haid dengan membuktikan konsumsi makanan minuman yang bermanfaat untuk membantu Anda melewati masa PMS atau haid. (LAM)

Referensi

Krishnan, S. et al., 2016. Menstrual Cycle Hormones, Food Intake, and Cravings. The FASEB Journal, Volume I. www.fasebj.org/doi/abs/10.1096/fasebj.30.1_supplement.418.6

Najafi, N., Khalkhali, H., Moghaddam Tabrizi, F., & Zarrin, R. (2018). Major dietary patterns in relation to menstrual pain: a nested case control study. BMC women’s health18(1), 69. doi:10.1186/s12905-018-0558-4

https://medicaldaily.com/eat-right-period-pain-7-foods-every-woman-should-add-her-diet-ease-pms-symptoms-299946

https://pcrm.org/good-nutrition/nutrition-information/using-foods-against-menstrual-pain

https://helloclue.com/articles/cycle-a-z/diet-nutrition-menstrual-cycle


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store