Minum Bir Saat Menyusui, Bolehkah?

166

Apakah Anda pernah merasa ingin mengkonsumsi bir atau mungkin wine tetapi bingung karena Anda masih menyusui bayi Anda? Bila ya, maka Anda tidak sendirian. Ternyata, banyak wanita yang juga mengalami dilema yang satu ini.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum banyak penelitian yang meneliti mengenai masalah ini. Keadaan inilah yang mendorong para ahli di Denmark Odense University Hospital untuk meneliti mengenai hal ini.

Hasilnya adalah mengkonsumsi minuman beralkohol saat Anda masih menyusui sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan dan tidak boleh terlalu sering.

Para peneliti menyimpulkan bahwa sesekali mengkonsumsi minuman beralkohol saat masih menyusui tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan tertentu pada sang bayi, asalkan tidak terlalu berlebihan.

Pilihlah bir atau wine saat Anda sedang ingin mengkonsumsi minuman beralkohol karena keduanya tidak mengandung terlalu banyak alkohol. Bila Anda ingin mengkonsumsi jenis minuman beralkohol lainnya juga tidak masalah asalkan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Akan tetapi, bila Anda ingin benar-benar aman, maka akan lebih baik bila Anda tidak mengkonsumsi minuman beralkohol sama sekali saat sedang menyusui karena belum banyak penelitian untuk memastikan bahwa minuman beralkohol memang benar-benar aman untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui.

Bila Anda ingin memastikan bahwa ASI Anda sama sekali tidak mengandung alkohol, maka susuilah bayi Anda sebelum Anda mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini akan memberikan tubuh Anda lebih banyak waktu untuk memetabolisme alkohol sebelum kembali menyusui.

Menurut seorang peneliti, seorang wanita yang memiliki berat badan 60 kg membutuhkan waktu 2.5 jam untuk mengeluarkan seluruh alkohol dari dalam tubuhnya. Dan para bayi biasanya akan menyusu setiap 3 jam, jadi Anda pun akan memiliki waktu yang cukup. Sementara itu, seorang wanita yang memiliki berat badan yang lebih berat biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mengeluarkan seluruh alkohol dari dalam tubuhnya.

Akan tetapi, sebelum Anda mulai mengkonsumsi minuman beralkohol, pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Sumber: womenshealthmag