Minuman Bersoda dan Kafein Tingkatkan Resiko Osteoporosis

179

Minuman Bersoda
Banyak minuman bersoda mengandung asam fosfat yang dapat meningkatkan pengeluaran kalsium melalui air kemih. Selain itu, hampir semua minuman bersoda tidak mengandung atau hanya sedikit mengandung kalsium. Kedua hal inilah yang dapat meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis, terutama pada wanita.

Bukan berarti anda sama sekali tidak dapat mengkonsumsi minuman bersoda. Anda tetap dapat mengkonsumsinya sekali-sekali dan dalam jumlah yang terbatas (tidak lebih dari satu kaleng atau satu gelas).

Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, gantilah minuman bersoda anda dengan berbagai jenis minuman di bawah ini, yaitu:
•    Jus jeruk yang telah diperkaya dengan kalsium dan vitamin D
•    Campuran antara yogurt tanpa lemak dan buah (smoothie)
•    Susu rendah atau bebas lemak

Kafein
Kafein dapat meluruhkan kalsium dari dalam tulang anda dan membuat tulang anda menjadi lemah. Anda akan kehilangan 6 mg kalsium untuk setiap 100 mg kafein yang anda konsumsi. Kopi merupakan sumber utama kafein. Beberapa minuman bersoda pun mengandung kafein.

Walaupun teh juga mengandung kafein, sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan kafein di dalam teh ini tidak membahayakan. Para peneliti menduga bahwa teh mengandung suatu zat yang dapat melindungi tulang anda.

Batasilah konsumsi kafein anda hanya hingga 300 mg setiap harinya dan konsumsilah cukup kalsium setiap harinya untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi konsumsi kafein anda, yaitu:
•    Campurlah kopi anda, setengah mengandung kafein dan setengahnya lagi tidak
•    Hindari minuman yang mengandung banyak kafein
•    Konsumsilah teh yang tidak mengandung kafein
•    Konsumsilah kopi susu bebas kafein
Bila diperlukan, anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian anda. Berkonsultasilah dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan apapun.

Sumber: webmd