Mitos atau Fakta: Makan Nanas Saat Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

89

Buah nanas adalah buah yang banyak ditemukan di negara tropis dan subtropis, termasuk Indonesia salah satunya. Buah ini banyak digemari karena rasanya yang manis. Namun, buah nanas ternyata juga sangat berguna untuk kesehatan. Dalam buah nanas, ditemukan suatu enzim yang ternyata sudah banyak dimanfaatkan dalam bidang medis. Enzim tersebut dinamakan bromelain.

Berdasarkan studi klinis selama bertahun-tahun, diketahui bahwa bromelain memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Efek pada jantung dan sistem peredaran darah.

Bromelain dapat mencegah atau mengurangi keparahan nyeri dada akibat serangan jantung dan juga serangan stroke ringan. Bromelain juga dapat memecah plak kolesterol pada pembuluh darah yang merupakan penyebab dari penyakit jantung koroner.

  1. Meringankan osteoarthritis.

Kombinasi bromelain dengan tripsin dan rutin dibandingkan dengan diklofenak sebagai pengobatan osteoarthritis atau nyeri sendi diketahui memiliki potensi yang sama dalam mengurangi nyeri dan peradangan. Bromelain memiliki sifat analgesik atau anti nyeri.

  1. Efek pada sistem imun.

Bromelain direkomendasikan sebagai terapi tambahan untuk menangani keradangan kronis, keganasan, dan penyakit akibat keganasan sistem pertahanan tubuh.

  1. Berperan dalam operasi.

Karena sifat antinyeri yang dimilikinya, penggunaan bromelain sebelum tindakan operasi dapat mempercepat proses peradangan dan nyeri pascaoperasi.

  1. Berperan dalam proses perawatan luka.

Pemanfaatan ekstrak bromelain dalam krim berguna untuk pembersihan jaringan yang telah mati dan percepatan penyembuhan luka.

Buah Nanas dan Kehamilan.

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan, tidak jarang kita mendengar larangan memakan buah nanas pada ibu yang sedang hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Penyebabnya diduga karena enzim bromelain. Lalu, bagaimanakah fakta dibalik larangan tersebut?

Dalam mempersiapkan persalinan, rahim akan melalui perubahan struktur sehingga mendukung proses pengeluaran janin dari rahim. Hormon prostaglandin adalah salah satu hormon yang berperan dalam persiapan persalinan, yang akan menyebabkan penipisan pada leher rahim. Dalam artikel yang diterbitkan oleh Westmead Hospital Sydney, bromelain dikatakan memiliki efek yang sama dengan prostaglandin. Sehingga, memakan buah nanas yang masih segar dapat digunakan sebagai salah satu upaya menstimulasi terjadinya persalinan pada kehamilan lewat bulan. Tentunya, dibutuhkan banyak buah nanas untuk menghasilkan bromelain yang cukup karena satu buah nanas hanya mengandung sedikit bromelain.

Penyataan senada juga diungkap oleh Malorry (2018) dalam artikelnya. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan keefektifan bromelain dalam menginduksi kontraksi rahim manusia, meskipun larangan memakan buah nanas hampir selalu disarankan untuk ibu hamil, terutama pada usia kehamilan yang masih muda.

Terlepas dari efek bromelain terhadap kehamilan, kandungan gula yang cukup tinggi pada buah nanas akan juga berdampak pada kehamilan apabila dimakan secara berlebihan. Kadungan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional atau kencing manis pada ibu hamil. Diabetes gestasional sendiri adalah kondisi saat kadar gula dalam darah meningkat melebihi kadar normal saat kehamilan. Kadar gula memiliki nilai normal, baik sebelum kehamilan maupun sesudah persalinan.

Dapat disimpulkan bahwa hingga saat ini risiko memakan buah nanas dapat menyebabkan keguguran belum sepenuhnya diketahui, meskipun hal ini masih dipercaya oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, perlu diingat memakan buah nanas secara berlebihan saat hamil tidak dibenarkan karena akan meningkatkan risiko diabetes gestasional, yang tidak saja berbahaya pada kondisi ibu, tetapi juga janin yang dikandung. (ROU)

Referensi:

https://ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3529416/

https://sciencedirect.com/science/article/pii/B9780323358682000530

www.wslhd.health.nsw.gov.au


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store