MITOS DAN FAKTA SEPUTAR HAID

14

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang umum dan normal dialami wanita. Terdapat banyak mitos di masyarakat yang membuat khawatir dan bahkan membatasi seorang wanita melakukan hal tertentu saat menstruasi. Berikut ini beberapa mitos dan fakta seputar haid yang perlu diketahui:

  • Tidak boleh berolahraga. Beraktivitas ketika mens justru sangat dianjurkan, karena bisa membantu meringankan atau mencegah kram dan nyeri pada perut. Olahraga ringan juga bisa membuat perasaan menjadi lebih baik dan jadi cukup efektif mengatasi rasa cepat marah atau kesal ketika PMS atau hari-hari pertama menstruasi. Olahraga teratur bermanfaat untuk tubuh dan pikiran Anda. Tidak ada alasan ilmiah untuk tidak melakukan olahraga selama periode menstruasi. Namun tentunya, olahraga akan terasa lebih berat di hari-hari awal menstruasi, sehingga disarankan untuk melakukan gerakan dan latihan yang ringan. Olahraga yang dianjurkan saat menstruasi antara lain yoga, pilates, berjalan santai, dan melakukan gerakan aerobik. Olahraga tetap harus dilakukan, dengan catatan mengurangi intensitas, terutama jika Anda merasa lelah.
  • Haid pasti datang di tanggal yang sama setiap bulan. Normalnya, setiap wanita memang mengalami haid setiap bulannya, dengan siklus yang berbeda-beda pada setiap wanita, rtaa-rata 28 sampai 35 hari. Situasi seperti perjalanan jauh, fluktuasi berat badan, kondisi emosi, dan obat-obatan dapat berpengaruh pada siklus haid seorang wanita.
  • Tidak boleh minum air dingin. Banyak yang percaya kalau mengonsumsi minuman dingin dapat memperlambat menstruasi. Faktanya, mitos ini tidaklah benar karena minuman dingin sama sekali tidak berpengaruh dengan siklus menstruasi. Hal itu disebabkan karena siklus menstruasi diatur oleh hormon estrogen dan progesterone. Terlambatnya menstruasi terjadi saat hormon seorang wanita tidak seimbang yang dapat dipengaruhi dari beberapa faktor fisik, seperti kelelahan, stress dan juga penyakit.
  • Berhubungan intim saat menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan. Kemungkinan untuk hamil saat berhubungan intim ketika menstruasi memang kecil. Namun, bukan berarti tidak bisa hamil.
  • Tidak boleh keramas. Mitos ini beredar karena adanya kepercayaan jika sedang menstruasi maka pori-pori kulit kepala akan terbuka lebar sehingga rentan mengalami sakit kepala. Faktanya, menstruasi tidak berkaitan dengan seseorang perlu keramas atau tidak. Tidak dipungkiri jika selama menstruasi wanita memang akan merasakan hal-hal yang tidak nyaman seperti sakit kepala. Namun, sakit kepala tersebut berkaitan dengan premenstrual syndrome (PMS), bukan disebabkan oleh keramas. Keramas justru dibutuhkan untuk menjaga kebersihan organ tubuh. Jika rambut bersih dan wangi seharusnya seorang wanita justru bisa merasa lebih nyaman. (PK/PAY)

Referensi:

  • Healthline. 8 Period Myth We Need To Set Straight. Available at: http://www.healthline.com/health/womens-health/period-myth Diakses 19 Juli 2019
  • MedlinePlus. US National Library of Medicine. Menstruation. Period.
  • Healthline. Can You Exercise on Your Period? Available at: https://www.healthline.com/health/exercise-during-period Diakses 24 Oktober 2019