Mitos Seputar Kehamilan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

434

Kehamilan merupakan sebuah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebuah keluarga, sebuah awal dari sebuah kehidupan baru yang penuh dengan perubahan dan keajaiban.

Bagi ibu hamil sendiri, mungkin ada banyak “petuah” atau nasihat dari orang tua, keluarga, ataupun lingkungan sekitar. Mulai dari anjuran hingga larangan atau pantangan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua hal tersebut akurat karena bisa jadi hanya mitos semata.

Beberapa mitos seputar kehamilan yang perlu diketahui oleh ibu adalah :

  1. Ibu hamil harus makan dengan porsi dua kali lebih banyak

Ibu hamil memang memiliki kebutuhan kalori yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, namun tidak berarti harus makan dua kali lebih banyak. Yang terpenting adalah makanan yang dimakan harus mencukupi semua kebutuhan nutrisinya. Makan dengan porsi yang lebih banyak justru akan menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebih dan hal ini akan memicu timbulnya penyakit Diabetes pada kehamilan.

  1. Tidak boleh minum kopi selama hamil

Sebenarnya kopi masih bisa dikonsumsi selama kehamilan, namun dengan porsi dan dalam usia kehamilan tertentu. Wanita hamil masih diperbolehkan minum kopi, tetapi tidak lebih dari 0,8 cangkir per hari. Pada trimester awal dimana rasa mual dan rasa perih di lambung biasanya masih hebat, disarankan konsumsi kopi dihindari sampai keluhan mulai mereda.

  1. Konsumsi durian, nanas, dan tape bisa membahayakan kandungan

Konsumsi makanan teresebut diatas memang tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Durian dan tape mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi sehingga dapat membuat tubuh menjadi panas, sementara buah nanas muda sangat asam sehingga konsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kontraksi pada kandungan.

  1. Minum air kelapa dapat mempercepat persalinan

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan mitos ini karena lancarnya persalinan dipengaruhi oleh berbagai faktor.

  1. Ibu hamil tidak boleh melakukan hubungan intim pada trimester pertama

Sebenarnya ibu hamil dapat melakukan hubungan intim selama kehamilan, sepanjang hal terebut tidak menyakitkan, tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada ibu, dan yang terpenting tidak menyebabkan perdarahan. Hubungan intim memang lebih aman dilakukan pada trimester kedua atau ketiga.

  1. Minuman atau makanan berbahan kacang kedelai akan membuat bayi berkulit putih

Minum susu kedelai ataupun makanan yang terbuat dari kacang kedelai tidak berpengaruh pada warna kulit bayi, karena hal tersebut diturunkan secara genetik.

Masih banyak mitos lain seputar kehamilan, diharapkan ibu hamil untuk selalu selektif dalam menerima informasi seputar kehamilannya. Berkonsultasilah dengan dokter atau bidan agar tetap sehat dan nyaman selama kehamilan hingga persalinan nanti. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Komalasari H, et al. 2013. Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang mitos seputar kehamilan di desa pegirikan. Siklus_Jurnal Research Midwife Politeknik Tegal.
  2. https://hipwee.com/list/20-pantangan-ibu-hamil-ini-bikin-anda-bingung-bedakan-mitos-atau-fakta/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store