Morning Sickness

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

208

Bunda, pernahkah Bunda merasakan mual pada saat hamil? Sebagian besar pasti akan mejawab pernah. Banyak ibu hamil yang tidak tahu mengapa tiba-tiba dia merasakan gejala pusing, mula dan muntah.  Gejala pusing mual dan muntah tersebut dikenal dengan istilah morning sickness.

Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil pada trimester awal kehamilan. Kondisi yang biasanya ini dapat terjadi sepanjang hari, meski istilah morning sickness itu sendiri sering disalahartikan sebagai gejala mual dan muntah pada pagi hari saja.

Wanita yang mengalami morning sickness dapat mengalami gejala berupa:

  • Mual
  • Muntah
  • Merasa kelelahan.

Gejala mual dialami oleh sekitar 80 persen wanita hamil, sedangkan muntah dialami oleh sekitar 50 persen wanita hamil, selama 12 minggu masa kehamilan. Meski umum, muntah harus tetap diwaspadai karena bisa menyebabkan dehidrasi atau kurang gizi apabila penderitanya sama sekali tidak bisa menelan makanan atau minuman.

Berikut adalah beberapa tips untuk meredakan gejala  morning sickness:

  • Perbanyaklah minum air dengan cara meneguknya sedikit demi sedikit guna mencegah mual dan muntah. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, hindari minuman dingin, manis, atau minuman yang beraroma tajam.
  • Hindari makanan atau aroma makanan yang yang dapat menyebabkan mual. Pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan rendah lemak. Konsumsi makanan sebaiknya dalam porsi sedikit namun lebih sering. Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi makanan yang Anda sukai dalam 8 hingga 10 porsi kecil seperti saat Anda sedang mengonsumsi camilan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi gerak pencernaan terlalu cepat apabila mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, yang dapat memperparah gejala mual muntah yang sedang dialami.
  • Cobalah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe atau mengonsumsi suplemen jahe. Diduga jahe bisa menurunkan gejala morning sickness. Selain itu jahe juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan dapat memberikan rasa hangat pada pencernaan. Rasa dan aroma jahe yang hangat dapat membuat Anda nyaman, sehingga gejala morning sickness pun berkurang.
  • Beristirahatlah secara cukup. Jika merasa mual saat hendak bangun tidur, bangunlah secara perlahan. Kalau perlu, konsumsilah makanan ringan sebelum bangun dari tempat tidur agar mual berkurang. Anda juga dapat mengganjal punggung dan kepala Anda dengan bantal bertumpuk, agar Anda tidak benar-benar dalam posisi lurus saat berbaring, melainkan kepala Anda berada lebih tinggi dari perut. Hal ini dilakukan untuk memposisikan agar saluran pencernaan berada di bawah mulut, sehingga dapat mengurangi mual dan mencegah muntah.
  • Gunakanlah pakaian yang nyaman dan hindari pakaian dengan bagian pinggang yang ketat.
  • Alihkan pikiran Anda sebisa mungkin agar tidak memikirkan mual yang Anda rasakan. Semakin Anda pikirkan, mual akan semakin terasa.

Segera temui dokter jika gejala morning sickness tidak mereda atau berkembang menjadi gejala dehidrasi dan kekurangan gizi. (EDA/STE)

Sumber :


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store