Mulut Segar Tanpa Mahal, Ini Cara Buat Mouthwash Sendiri Yang Bikin Napas Segar Dari Bahan Alami

118

Tidak tahu apakah Anda suka menggunakan mouthwash, biasanya ada beberapa orang yang tidak menyukainya karena kandungan alkohol yang menimbulkan rasa panas seperti terbakar saat berkumur. Selain itu karena memiliki kandungan alkohol maka dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Bila Anda merasa malas berkumur dengan mouthwash yang ada, namun tetap merasa membutuhkannya maka Anda bisa membuat sendiri mouthwash dari bahan alami. Yang tentu saja bebas bahan kimia, membuat gigi dan gusi yang sehat, nafas bau mint yang segar sepanjang hari, dan biayanya yang murah.

 

Jadi tunggu apa lagi! Berikut Cara Membuat Mouthwash Dari Bahan Alami:

Bahan utama termasuk di sini adalah bubuk cengkeh, minyak peppermint dan cuka sari apel. Dikemas dengan sifat antiseptik, antimikroba dan antivirus, cengkeh dapat mengobati masalah gigi, membunuh bakteri, dan mengurangi penumpukan karang gigi. Kandungan menthol dalam minyak peppermint akan membuat napas Anda berbau mint segar sepanjang hari. Dan bahan terakhir dalam resep obat kumur ini adalah cuka sari apel, mengandung asam asetat dan asam malat yang menghilangkan bakteri di dalam mulut penyebab bau mulut.

 

Berikut Cara Membuatnya:

  1. Ambil toples. Tambahkan 1 cangkir air suling atau disaring. Jika Anda menambahkan air mendidih, pastikan untuk biarkan dingin dahulu dengan suhu suam-suam kuku, sebelum menambahkan bahan-bahan lainnya.
  2. Tambahkan setengah cangkir cuka sari apel. Asam cuka tidak hanya akan menetralisir bakteri jahat, tetapi juga memecah karang gigi.
  3. Ambil 3-4 siung cengkeh dan giling menjadi bubuk halus. Tambahkan satu sendok teh bubuk cengkeh ke dalam larutan dan aduk dengan baik dengan sendok.
  4. Berikutnya, tambahkan lima tetes minyak peppermint untuk obat kumur. Selain membuat napas bau mint yang segar, minyak peppermint juga akan menenangkan.
  5. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes air perasan lemon ke dalam campuran. Kaya asam sitrat, air perasan lemon akan menghilangkan noda apapun pada gigi Anda, dan membuat gigi menjadi lebih putih.
  6. Tutup toples, tempatkan di tempat yang sejuk dan kering dan biarkan selama seminggu. Kemudian, menggunakan kain tipis dan saring.
  7. Saat menggunakannya, kocok toples baik. Cukup seteguk kemudian kumur dengan baik.

 

Hindari jangan sampai menelan larutan tersebut. Kesimpulan bila digunakan secara teratur, setiap hari, tidak hanya akan membersihkan mulut, memberantas bau buruk, tetapi juga mencegah penumpukan karang gigi.

 

 

 

Sumber: boldsky