Ngidam Makanan Manis dan Berlemak Sebelum Menstruasi, Mengapa Demikian?

151

Apakah Anda merupakan salah satu dari para wanita yang selalu ingin mengkonsumsi makanan manis penuh lemak saat menstruasi Anda akan segera datang? Bila Anda bingung mengenai mengapa hal ini terus terjadi, maka hormon Anda mungkin merupakan penyebabnya.

Masa premenstruasi merupakan saat di mana kadar hormon stress, yaitu hormon kortisol meningkat dan kadar hormon serotonin (hormon yang membuat Anda merasa bahagia) menurun.

Perubahan kadar hormonal ini membuat tubuh Anda menginginkan berbagai jenis makanan yang mengandung banyak gula dan lemak karena keduanya dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dan menurunkan produksi hormon kortisol, yang tentu saja dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan rileks.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi hal ini? Walaupun banyak wanita mengira tidak ada yang dapat mereka lakukan untuk mencegah keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis dan berlemak tersebut, akan tetapi sebenarnya terdapat suatu cara.

Caranya adalah pastikan Anda menghindari berbagai jenis makanan olahan, kafein, dan karbohidrat olahan 2 minggu sebelum menstruasi Anda dimulai dan tingkatkan konsumsi serat dan protein Anda. Hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan kadar hormonal di dalam tubuh Anda dan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil di sepanjang hari.

Mengapa harus menghindari ketiga jenis makanan di atas? Hal ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan kadar hormon kortisol dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dalam waktu singkat.

Jika Anda sedang menstruasi saat ini dan tidak dapat berhenti mengkonsumsi makanan berlemak, maka mulailah hari Anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, misalnya roti isi telur atau selai kacang, untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil di sepanjang hari.

Di siang hari, pastikan anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang diolah dari sayuran segar, yang mengandung banyak air dan serat, yang dapat mengurangi rasa perut kembung dan rasa lapar, serta keinginan Anda untuk mengkonsumsi suatu makanan tertentu.

Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh tergoda sama sekali. Sesekali mengkonsumsi makanan manis atau berlemak tinggi di saat Anda sangat menginginkannya merupakan hal yang normal dan boleh dilakukan, hanya saja dalam suatu batasan tertentu.

 

 

Sumber: womenshealthmag