Nikmatnya Sate Memang Tidak Ketulungan, Tapi Efek Yang Ditimbulkan Bisa Bikin Anda Mikir 2 Kali Sebelum Memakannya

214

Siapa yang tidak suka dengan sate, makanan yang satu ini memang memicu rasa lapar. Saat Anda melihat sate dibakar, entah sate ayam, sate kambing atau sate hati ampela mungkin sudah membuat lidah Anda bergoyang, belum lagi bila ditambahkan dengan bumbu kacang, maka dijamin rasanya akan sangat luar biasa.

Tapi dibalik kenikmatannya yang mungkin bikin Anda nagih, ada bahaya yang mengintai yaitu meningkatkan risiko kanker.

Menurut penelitian para ahli dari Norwegian Institute of Public Health, daging yang dibakar bahkan sampai gosong mengandung senyawa mutagen yang bersifat karsinogen. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan sel normal berubah menjadi sel kanker, sehingga pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali.

Bukan hanya itu, risiko kanker juga diperbesar oleh adanya enzim sulfotransferase yang secara alami ada di tubuh manusia. Enzim ini bisa mengubah zat-zat yang berbahaya menjadi tidak berbahaya, atau sebaliknya dari yang tidak berbahaya menjadi bersifat karsinogen.

Para peneliti tersebut melakukan eksperimen pada tikus.Tikus-tikus yang digunakan dalam eksperimen ini diberi tambahan enzim sulfotransferase agar semirip mungkin dengan  manusia.

Kemudian dari hasil yang didapat terjadi pembentukan tumor di usus yang lebih besar pada tikus yang dimodifikasi dengan enzim supaya mirip manusia, dibanding pada tikus normal, setelah sama-sama diberi makan daging gosong. Para peneliti mengatakan reaksi antara enzim sulfotransferase dengan senyawa mutagen pada daging gosong bisa meningkatkan risiko kanker usus sampai 31-80 %. Peningkatan risiko ini mencapai 2 kali lipat dari yang diduga sebelumnya. Berarti apabila seseorang makan makanan yang sudah gosong seperti sate maka akan memiliki risiko mengalami kanker sampai 2 kali lipat.

Selain itu perlu Anda perhatikan bukan hanya sate yang gosong tersebut, Anda juga harus tahu kalori dari bumbu kacang. Bumbu kacang dibuat dari kacang tanah yang digoreng terlebih dahulu sebelum ditumbuk dan dicampur garam dan gula. Satu sendok makan bumbu kacang mengandung sekitar 130 kalori dan biasanya Anda tidak mungkin hanya makan 1 sendok bumbu kacang saja kan?

Melihat dampak akibat sate, ada baiknya Anda mengurangi makanan yang satu ini dan bila memang ingin memakannya usahakan jangan makan bagian yang hangus, kemudian Anda menggunakan bumbu kacang yang lebih sedikit dan ditambahkan dengan sayuran yang membantu membersihkan sisa-sisa serat daging di permukaan usus, yang bisa memicu kanker.