Normalkah nyeri saat berhubungan seks?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

385

Seks merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi pasangan pria dan wanita. Namun, pada beberapa wanita, mereka justru merasakan nyeri yang hebat ketika melakukan hubungan seksual yang menyebabkan mereka justru menghindari seks sehingga berakibat buruk untuk kehidupan rumah tangganya. Apa yang sebenarnya terjadi? Benarkah para wanita ini sebenarnya menderita sebuah penyakit?

Secara medis wanita yang mengeluh nyeri pada saat berhubungan seks diduga menderita vaginismus. Vaginismus adalah situasi yang tidak dapat dikendalikan, berupa ketegangan pada otot bagina, sehingga menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan tidak memungkinkan terjadinya hubungan seksual (penis tidak bias penetrasi ke dalam vagina). Vaginismus secara garis besar terbagi dua:

  1. Vaginismus primer, dimana seorang wanita tidak pernah bisa melakukan hubungan seksual karena rasa nyeri. Kebanyakan perempuan berusia 20-an. Perempuan yang mengalami vaginismus biasanya tidak menyadari kondisinya hingga pada saat mereka melakukan hubungan seksual.
  2. Vaginismus sekunder, terjadi ketika seorang wanita yang dulunya pernah melakukan hubungan seksual dengan penetrasi dan kemudian mengalami vaginismus. Hal ini dapat terjadi karena penyebab fisik, seperti infeksi vagina atau trauma saat melahirkan atau karena ketidaknyamanan psikologis.

Ada beberapa hal yang dapat men-trigger terjadinya vaginismus, misalnya pikiran negatif tentang hubungan seksual yang disebabkan karena trauma, pernah mengalami kekerasan seksual, adanya kerusakan pada vagina misalnya karena robekan pada vagina karena proses melahirkan, ada penyakit yang melibatkan kondisi anatomis vagina, atau masalah psikologis lainnya seperti rasa takut hamil atau sedang mengalami masalah dalam hubungan dengan pasangan.

Dapatkah vaginismus disebuhkan?

Berkonsultasilkah pada  dokter jika mengalami gejala seperti yang telah disebutkan di atas. Vaginismus yang disebabkan oleh kondisi anatomis vagina dapat diperbaiki degan beberapa pilihan terapi. Namun, jika masalahnya berasal dari psikologis, maka Anda dapat berkonsultasi dengan terapis, ini akan membantu untuk menyebuhkan akar dari ketakutan-ketakutan dan trauma yang pernah dialami. Ingatlah, disfungsi seksual dapat merusak keharmonisan rumah tangga, jadi jangan ragu untuk berkonsultasi. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Pratiwi R. Vaginismus: Kelainan Yang membuat Vagina Menutup Saat Seks. https://hellosehat.com/hidup-sehat/seks-asmara/apa-itu-vaginismus/
  2. Samiadi LA. Apa Itu Vaginismus? https://hellosehat.com/penyakit/vaginismus/
  3. https://menstruasi.com/vaginismus

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store