Nutrisi dan Olah Raga bagi Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

466

Sehat adalah suatu keadaan yang sehat secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Untuk bisa menjaga kesehatan seseorang memerlukan asupan nutrisi yang cukup, yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi makanan bergizi. Selain itu dengan berolahraga secara rutin dan teratur, metabolisme tubuh akan tetap terjaga fungsinya sehingga proses distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh akan menjadi lebih efektif.

Kebutuhan nutrisi manusia tentu berbeda antara satu dengan lainnya, baik bayi, balita, anak-anak, remaja, sampai dengan orang tua memiliki angka kecukupan gizi yang bervariasi.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, kita juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis nutrisi yang dapat kita konsumsi setiap harinya. Nutrisi pokok yang menjadi kebutuhan seseorang tiap harinya adalah karbohidrat, serat, lemak, protein, mineral dan air.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat terdiri dari elemen karbon, hydrogen, serta oksigen. Fungsi karbohidrat bagi tubuh yaitu sebagai sumber energi, mempertahankan massa otot tubuh, dan untuk perkembangan otak anak. Jenis zat ini terdapat pada beras, jagung, gandum, umbi-umbian.

  1. Protein

Protein berfungsi sebagai bahan dasar pembangun tubuh, sebagai bahan pembantu dalam memelihara struktur tubuh, mempercepat reaksi kimia dalam tubuh, melawan infeksi, dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Contoh jenis makanan yang mengandung protein tinggi yaitu  telur, susu, daging, ikan, biji-bijian, tofu, serta produk kacang kedelai.

  1. Lemak

Lemak bagi tubuh diantaranya berfungsi sebagai salah satu sumber energy selain karbohidrat, membantu penyerapan vitamin, cadangan energy,serta menjaga temperature tubuh agar tetap normal. Beberapa makanan yang mengandung lemak baik yang umum disekitar anda adalah alpukat, daging,  telur, kacang-kacangan dll

  1. Mineral, vitamin dan air

Mineral adalah unsur logam dalam jumlah yang sedikit yang sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang sehat. Mineral juga membantu dalam aktifitas sel yang berfungsi seperti enzim, kontraksi otot, reaksi dan transmisi syaraf, kekebalan tubuh, dan pembekuan darah. Vitamin dan mineral ditemukan dalam beraneka ragam makanan, tetapi beberapa makanan mungkin memiliki kandungan vitamin atau mineral tertentu yang lebih baik. Sebagai contoh, jeruk mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi dan asam folat tetapi sangat sedikit vitamin lain. Susu mengandung banyak kalsium tetapi sama sekali tidak mengandung vitamin C.

Apabila tubuh tidak menerima nutrisi makanan yang cukup dalam jangka waktu tertentu, tubuh menjadi lemah dan kemampuannya memerangi infeksi jauh berkurang. Otak menjadi lamban dan tidak cepat bereaksi. Tubuh memanfaatkan cadangan lemak untuk menjadi energi, dan otot melemah supaya tidak menggunakan energi terlalu banyak. Akhirnya tubuh menjadi lemah, jantung tidak memompa darah dengan cukup, dan kematian terjadi–akibat terburuk yang terjadi akibat malnutrisi.

Pola makan yang berlebihan dapat pula berakibat pada masalah nutrisi yang berefek buruk bagi kesehatan. Kegemukan (obesity) adalah kondisi karena memiliki terlalu banyak lemak tubuh. Kegemukan juga sangat berkaitan dengan penyakit yang beresiko tinggi seperti diabetis melitus, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang akhirnya dapat berkomplikasi lebih lanjut.

Selain nutrisi olahraga berperan penting bagi kesehatan. Olahraga adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk melatih tubuh manusia agar senantiasa sehat, bugar dan kuat. Saat melakukan olahraga, kebugaran tubuh akan tetap terjaga karena adanya gerakan pada tubuh secara keseluruhan. Selain itu, olahraga akan merangsang dan melatih otot-otot tubuh, memperlancar sirkulasi darah dan metabolisme serta akan meningkatkan kinerja otak.

Dampak positif lainnya dari olahraga adalah akan membuat kinerja jantung menjadi lebih sehat dan kuat, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, akan menguatkan struktur tulang sehingga akan terhindar dari osteoporosis atau tulang keropos dan juga akan  melancarkan sistem pencernaan.

Khusus bagi kaum wanita, olahraga akan sangat berkhasiat dalam mempertahankan kecantikan tubuh dan wajah. Olahraga sit up sangat dianjurkan untuk mendapatkan perut yang langsing, sehat, lentur dan tampak menarik.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store