Nutrisi Optimal Selama Menjalankan Puasa Ramadhan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

244

Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba, bulan yang sangat di tunggu – tunggu atau dirindukan oleh umat muslim seluruh dunia. Untuk melaksanakan puasa Ramadhan, selain melakukan ibadah shalat wajib dan sunah, umat muslim juga di wajibkan untuk melakukan sahur dan buka puasa. Agar Puasanya lancar, anda harus memilih makanan  yang sehat dari bahan – bahan yang sehat pula. Nah artikel kali ini akan memberikan saran bahan makanan yang sehat untuk menu sahur dan buka puasa. Yuk, kita simak dan pahami bersama isi artikel dibawah ini ! 

Saat Sahur

Saat berpuasa, kita dilarang untuk makan dan minum dari adzan subuh hingga magrib. Padahal, masih banyak aktivitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Agar tubuh tidak lemas dan tetap sehat, usahakan untuk tidak melewatkan waktu sahur. Meski disunnahkan untuk mengakhirkan sahur, sediakan waktu yang cukup agar tidak tergesa-gesa dalam menikmati makanan.

  1. Karbohidrat

Pemilihan sumber karbohidrat sangat penting untuk menentukan ketersediaan energi Anda. Pilih sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum utuh, sereal, oat, kentang, lentil, dan lain-lain. Karbohidrat kompleks dicerna tubuh secara bertahap sehingga dapat menjaga kenaikan kadar gula darah (glukosa) dan memberikan ‘rasa kenyang’ yang lebih lama.

  1. Protein dan lemak

Meski perlu dibatasi, lemak tetap dibutuhkan tubuh untuk mencerna vitamin A, D, E, dan K. Penambahan lemak dalam makanan juga dapat memperlambat metabolisme gula dan mempertahankan energi lebih lama. Pilih sumber lemak tak jenuh yang sehat seperti yang diberikan kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak canola, atau ikan laut (tuna, salmon, dll.) Saat cadangan karbohidrat dan lemak habis terpakai, protein akan digunakan sebagai sumber energi utama oleh tubuh. Untuk mencegah hilangnya massa otot, selalu penuhi kebutuhan protein lewat konsumsi telur, tempe, tahu, ikan, daging ayam tanpa kulit, atau produk peternakan rendah lemak lainnya. Protein juga diperlukan untuk memperbaiki sel yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Sayur dan buah

Saat berpuasa, perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah guna memberikan rasa kenyang lebih lama dan bisa mencegah naiknya asam lambung. Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari pada Anda hanya mengkonsumsi satu jenis buah dan sayur, lebih baik kombinasikan menu sehat puasa supaya gizi yang diserap tubuh juga beragamSebaiknya hindari atau kurangi buah dan sayur yang bisa merangsang produksi gas seperti kol dan kubis.

  1. Cairan

Kecukupan cairan saat berpuasa penting untuk mencegah dehidrasi di siang hari. Jika jumlah yang disarankan per hari adalah 2 liter atau 8 gelas, Anda bisa membagi pemenuhannya antara waktu sahur, buka, dan malam menjelang tidur. Bukan hanya air putih, Anda bisa juga menambahkan jus dan buah segar yang juga mengandung vitamin dan mineral seperti buah semangka, melon, dan jeruk.

Saat Berbuka Puasa

Berbukalah dengan makanan yang manis, sebaiknya memilih yang bersumber dari buah – buahan. Buah kurma adalah salah satu pilihan terbaik karena membantu tubuh terhidrasi cepat sekaligus menyuplai energi yang membuat tubuh kembali segar setelah berpuasa. Air putih dan jus buah juga penting di konsumsi selama jeda waktu antara saat buka puasa dengan aktivitas tidur.

Menu makanan lain yang baik saat berbuka adalah kacang – kacangan, seperti kacang almond yang mengandung lemak  baik yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa dan menjaga perut kenyang serta mencegah makan berlebihan ketika berbuka. Selain kacang – kacangan, buah – buahan dan sayur – sayuran juga dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai menu utama saat berbuka, karena selain menghilangkan haus, sayur juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah sembelit.

Batasilah berbuka dengan makanan yang mengandung lemak berlebihan, contohnya gorengan atau  makanan yang berminyak, karena tidak baik untuk kesehatan.

Wah, tidak terasa jam berbuka sudah dekat. Selamat berbuka. Ingat ya sobat, perhatikan nutrisi kita selama bulan Puasa ini agar kita tetap sehat dan Puasa mendatangkan berkah baik bagi tubuh maupun jiwa kita.  (RA/CM)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store