NUTRISI PENTING BAGI PERTUMBUHAN ANAK

12

Anak-anak memerlukan nutrisi agar pertumbuhan dan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Agar mampu melakukan berbagai aktivitas, tubuh anak memerlukan berbagai nutrisi penting, salah satunya adalah kebutuhan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang berbeda.

Berikut ini vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh anak, yaitu:

  • Vitamin A

Selama ini vitamin A dikenal memainkan peran penting bagi kesehatan mata. Namun, vitamin A juga berperan dalam kesehatan kulit, membantu sistem kekebalan tubuh bekerja melawan infeksi dengan baik, mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak, serta memperbaiki tulang dan jaringan. Vitamin A bisa didapatkan dari sumber hewani dalam bentuk retinoid (hati, telur, produk olahan susu) dan sumber nabati dalam bentuk karotenoid (bayam, wortel, ubi, mangga, papaya, aprikot).

  • Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks berfungsi membantu mengolah makanan menjadi energi tubuh dan menyimpannya, menjaga kesehatan sistem saraf, mata dan kulit, membantu pembentukan haemoglobin, penting untuk metabolisme lemak dan pembentukan sel darah merah. Vitamin ini bisa didapat dengan mengonsumsi sayuran (kacang polong, brokoli, buncis), buah, telur, biji-bijian utuh, susu, daging, kentang, ikan salmon, keju, dan sereal.

  • Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat berfungsi membantu melindungi dan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan, memelihara jaringan ikat, membantu penyembuhan luka, memelihara kesehatan gusi dan pembuluh darah, membantu penyerapan zat besi dan membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin C didapat dari mengonsumsi jeruk, jambu biji, paprika, stroberi, kiwi, tomat.

  • Vitamin D

Peran utama vitamin D adalah mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Vitamin D juga membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta melindungi tubuh dari penyakit, seperti osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan kanker. Sebagian besar vitamin D didapat dari pajanan sinar matahari, namun jangan lupa untuk tetap memakai tabir surya.

  • Vitamin E

Vitamin E berfungsi penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu proses tumbuh kembang anak agar berjalan sempurna dan menjaga kondisi pembuluh darah sehingga aliran darah dapat berjalan lancar. Vitamin E bisa didapatkan dari kacang almond, kedelai, dan gandum.

  • Kalsium

Fungsi kalsium untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat dan sehat, mengatur kontraksi otot, dan untuk memastikan pembekuan darah berjalan dengan normal. Kalsium terkandung dalam susu dan produk olahannya, sayuran berdaun hijau, tahu, kacang-kacangan dan salmon.

  • Zat besi

Zat besi merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Sumber zat besi antara lain hati, daging merah, buah kering, beras merah, sayuran berdaun hijau gelap, ikan tuna dan salmon.

Meski dibutuhkan oleh anak, nutrisi yang berlebihan didalam tubuh juga tidak baik bagi kesehatan, yang justru dapat menimbulkan berbagai penyakit. Sebelum memberikan suplemen multivitamin pada anak, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan informasi yang tepat mengenai jenis serta jumlah asupan mineral dan vitamin yang sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan anak. (RD)

Sumber:

  1. Mayo Clinic. Nutrition for kids: Guidelines for a healthy diet. 2017
  2. Brennan D. Vitamins for Kids: Do Healthy Kids Need Supplements. WebMD. 2018