NYERI PUNGGUNG MENJALAR? WASPADAI PENYAKIT INI

16

Tidak jarang kita menemukan seseorang yang mengalami nyeri pada panggungnya, bahkan mungkin sesekali kita juga merasakan nyeri tersebut. Namun, apa jadinya bila nyeri punggung ini bertahan terus menerus?

Salah satu penyakit nyeri punggung yang sering diderita oleh beberapa orang adalah nyeri punggung yang menjalar. Sebagian besar menyebutnya sebagai saraf kejepit. Secara medis, penyakit ini disebut dengan HNP atau Herniated Nucleus Pulposus. HNP terjadi ketika bantalan yang terdapat diantara tulang belakang, mengalami pergeseran sehingga menekan saraf tulang belakang. Bantalan (disk) ini agak mirip jelly kental dengan bagian tengah yang lebih lembut terbungkus bagian luar yang lebih keras. Bantalan ini berfungsi untuk menjaga struktur tulang belakang tetap tersusun sesuai dengan posisinya. Selain itu, bantalan ini juga berfungsi untuk meredam adanya tekanan yang terjadi bila seseorang duduk, membungkuk, dan mengangkat beban berat.

Keluarnya bantalan ini dikenal dengan istilah herniasi yang dapat terjadi akibat batuk kronis atau penggunaan otot punggung berlebih. Semakin bertambah tua, kadar air dalam piringan tersebut akan berkurang sehingga menjadikannya rapuh sehingga dapat terjadi herniasi. Bantalan yang mengalami herniasi ini dapat mengiritasi saraf di dekatnya dan menimbulkan gejala.

Apa saja gejalanya?

HNP kebanyakan terjadi di punggung bagian bawah (di tulang lumbalis) namun tidak menutup kemungkinan HNP juga terjadi di tulang leher (cervical) gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah:

  • Nyeri

Jika herniasi terjadi di punggung bawah, akan menyebabkan rasa sakit paling hebat di bokong, paha dan betis. Jika herniasi terjadi di leher maka rasa sakit yang paling kuat di bahu serta lengan. Nyeri dapat menjalar ketika batuk, bersin, atau berpindah posisi.

  • Mati rasa dan kesemutan

Mati rasa dan kesemutan dapat terjadi sesuai penjalaran dari saraf yang terkena

  • Kelemahan otot

Penjalaran saraf yang terkena cenderung melemah. Ini dapat menyebaban sulit untuk berjalan dengan benar atau menurunnya kemampuan mengangkat atau menahan barang.

Tidak semua HNP menimbulkan gejala, seseorang dapat mengalami herniasi yang terlihat saat screening kesehatan namun tidak mersakan keluhan apapun. Apabila sakit leher atau punggung merambat dan disertai mati rasa, kesemutan, hingga kelemahan segera temui dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Bagaimana pengobatan di rumah?

  • Mengurangi aktivitas yang berat seperti angkat barang
  • Melakukan olahraga ringan untuk membantu menstabilkan tulang belakang, baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait jenis olahraga apa yang baik
  • Pertahankan berat badan yang sehat. Apabila memiliki berat badan yang berlebih, ada baiknya untuk mengurangi berat badan agar beban tulang belakang juga berkurang (ITA/STE) 

Sumber:

Mayo Clinic. 2018. Herniated disk. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/herniated-disk/symptoms-causes/syc-20354095


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store