Obat Antivirus Bantu Atasi Infeksi Herpes Pada Kemaluan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

251

Berbagai Pilihan Pengobatan
Penggunaan obat antivirus dapat membantu orang yang sering mengalami kekambuhan menjadi bebas dari gejala lebih lama (lebih jarang kambuh). Obat antivirus ini juga dapat mengurangi keparahan dan lama berlangsungnya suatu gejala saat kambuh. Penggunaan obat antivirus tidak dapat menyembuhkan penyakit, akan tetapi dapat meningkatkan kualitas hidup penderita.
Terdapat 3 macam obat yang sering digunakan untuk mengobati herpes pada kemaluan (herpes genital), yaitu acyclovir, famciclovir, dan valaciclovir. Semua obat ini tersedia dalam bentuk pil, keculi acyclovir yang juga tersedia dalam bentuk suntik, yang hanya digunakan pada kasus berat.
Obat (salep) yang digunakan secara topikal (dioleskan secara langsung pada bagian kulit yang terkena) hanya memberikan sedikit manfaat dan biasanya jarang digunakan.

Kapan Pengobatan Dimulai?

Terapi Pertama (Awal)
Jika anda memiliki luka pada kemaluan saat anda pertama kali didiagnosa menderita herpes, dokter anda biasanya akan memberikan obat antivirus selama 5 hari untuk membantu mengurangi gejala dan mencegah gejala semakin memburuk. Bila setelah 5 hari, luka anda masih belum sembuh, maka dokter akan melanjutkan pemberian obat antivirus selama beberapa hari lagi.

Terapi Intermiten
Dokter anda akan memberikan obat antivirus pada anda sebagai persediaan obat anda, seandainya anda mengalami kekambuhan. Anda dapat mulai mengkonsumsi obat antivirus ini bila terjadi kekambuhan (timbul luka pada kemaluan) atau saat anda merasa bahwa anda akan kambuh.
Luka pada kemaluan ini sebenarnya dapat sembuh dan menghilang dengan sendirinya, akan tetapi mengkonsumsi obat antivirus dapat membuat gejala menjadi tidak terlalu berat dan lebih cepat menghilang.

Terapi Supresi
Terapi supresi biasanya dilakukan bila anda sering mengalami kekambuhan (lebih dari 6 kali dalam 1 tahun), sehingga anda harus mengkonsumsi obat antivirus setiap harinya.
Sebuah penelitian menemukan bahwa terapi supresi dapat mengurangi kekambuhan atau malah tidak pernah kambuh sama sekali.
Pemberian terapi supresi dilakukan berdasarkan pada seberapa sering kekambuhan terjadi dan apakah cukup berat sehingga dapat mengganggu kehidupan anda sehari-hari.
Mengkonsumsi obat antivirus setiap hari juga dapat menurunkan resiko penularan virus pada pasangan anda. Obat antivirus mengurangi kemampuan virus untuk membelah diri dan bertambah banyak pada permukaan kulit.

Efek Samping
Efek samping obat antivirus biasanya ringan dan para ahli percaya bahwa obat ini aman digunakan dalam jangka waktu lama.
Penderita herpes yang melakukan terapi supresi harus melakukan pemeriksaan rutin setidaknya satu kali setahun untuk menentukan apakah pengobatan masih perlu dilanjutkan atau tidak.

Kekambuhan Saat Mengkonsumsi Obat Antivirus
Sebuah penelitian menemukan bahwa virus penyebab herpes genital dapat aktif kembali walaupun penderita tersebut telah mengkonsumsi obat antivirus dosis tinggi.


Tanya keluh sehatmu lewat aplikasi, install Pakdok sekarang click Andoid Google Play dan IOSĀ App Store