Obat: Apakah Selalu Aman?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

403

“Kepalaku rasanya seperti mau pecah!”

Mendengar keluhan Bapak, saya langsung mengambil obat paracetamol di meja makan, “Minum ini aja Pak, biar cepat sembuh!”

Saya yakin, inilah yang biasa kita lakukan saat mendengar ada yang sakit; memberikan obat. Selain efek mujarabnya untuk mengurangi gejala yang timbul dalam waktu yang cepat, jangan lupa bahwa obat juga memiliki banyak efek samping yang resikonya akan terus bertambah seiring bertambahnya obat yang anda konsumsi. Banyak orang yang malas pergi untuk memeriksakan kesehatannya jika keluhan terasa ringan, mereka lebih memilih menggunakan obat bebas yang di perjualbelikan secara bebas di warung, apotik, atau supermarket.

Obat tentu saja tidak dirancang untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama, keculi untuk penyakit metabolik tertentu. Penggunaan jangka panjang akan berakibat gangguan organ, beberapa masalah yang mungkin timbul adalah:

  1. Kerusakan Ginjal

Ginjal bertugas menyaring darah serta sisa hasil metabolisme. Terlalu banyak mengkonsumsi obat dapat menjadi penyebab gagal ginjal di kemudian hari. Beberapa gangguan yang mungkin terjadi misalnya kencing batu hingga nekrosis ginjal. Untuk itu, selalu dianjurkan untuk minum obat bersama air putih.

  1. Berkurangnya Sistem Imun

Ampas yang ditinggalkan obat-obatan bisa saja tersisa dalam tubuh. Penumpukan sisa metabolism obat ini tentunya akan menganggu sistem imun.

  1. Pengeroposan Tulang

Beberapa obat dapat memicu terjadinya pengeroposan gigi dan tulang di usia senja. Sebagian besar antibiotik memiliki peranan besar pada efek jangka panjang yang satu ini.

  1. Infeksi 

Beberapa obat yang digunakan dalam jangka panjang justru dapat memicu timbulnya infeksi. Beberapa kejadian dilaporkan dari penggunaan antibiotik ataupun, resiko yang mungkin timbul beragam dari resisten hingga infeksi yang berbalik menyerang tubuh.

  1. Komplikasi

Komplikasi adalah gabungan kerusakan dari beberapa organ, terjadi bila kita terlalu banyak dan sering mengkonsumsi berbagai macam obat maupun gaya hidup tidak sehat yang kurang baik. Obat-obatan yang dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang dapat merusak sebuah organ, satu organ yang rusak ini dapat mengganggu metabolisme yang hasilnya akan merusak atau menurunkan fungsi dari organ lain.

Kesehatan itu mahal, jadi latihlah diri anda untuk selalu memiliki gaya hidup yang sehat! (RA/CM)

Sumber:

  1. https://halosehat.com/farmasi/obat/efek-samping-obat-jangka-panjang
  2. https://kaskus.co.id/thread/58747487a2c06e21508b456e/bahaya-obat-kimia-bagi-kesehatan/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Obat
  4. https://guesehat.com/bahaya-mengonsumsi-obat-warung-terlalu-sering

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store