Obat Herbal: Mint

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

182

Mint adalah herbal popular yang sering dicampurkan dalam bahan makanan ataupun infused water (minuman). Mint memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan khususnya, khasiat sebagai obat. Nah, apa sajakah manfaat mint? Apakah mint memiliki risiko terkait masalah kesehatan? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut.

Mengenal herba mint, spearmint, dan peppermint

Mint juga sering disebut mentha merupakan jenis herba yang berasal dari family Lamiaceae. Mint ini terdiri dari 15 spesies. Dua diantaranya yaitu spearmint dan peppermint. Perbedaan tersebut ada pada komposisi mentol yang memberikan rasa paling kuat dari mint, dan juga khasiatnya sebagai obat dari kedua jenis mint ini.

  1. Spearmint dengan nama latin (Mentha spicate) adalah spesies mint yang banyak digunakan untuk memberikan aroma yang enak pada makanan, pasta gigi, obat kumur dan kosmetik. Ini dikarenakan spearmint kaya akan kandungan limonene, dihidrokarbon, dan cineol yang membuat spearmint memiliki rasa yang lebih manis daripada peppermint. Spearmint juga mengandung vitamin, antioksidan, dan nutrisi penting. Aromanya sangat mirip dengan peppermint, namun spearmint mengandung mentol kurang dari peppermint, yaitu hanya sebesar 1%. Walapun begitu, spearmint sering dikonsumsi secara langsung atau dijadikan sebagai minyak esensial untuk meringankan gejala mual, gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit gigi dan tenggorokan.
  2. Peppermint dengan nama latin (Mentha piperita) adalah spesies mint yang mengandung campuran spearmint dan watermint yang memiliki fungsi yang sama dengan spearmint yaitu digunakan untuk menambah rasa atau bau untuk makanan, kosmetik, sabun, pasta gigi, dan obat kumur. Biasanya bagian daun peppermint juga sering digunakan dalam teh. Peppermint mememiliki kandung mentol lebih banyak dibandingkan spearmint yaitu sebesar 40%. Dengan kandungan mentol yang tinggi ini, membuat peppermint lebih banyak dikonsumsi dan digunakan baik sebagai pemabah rasa dan bau, serta sebagai bahan nPeppermint memiliki khasiat untuk mengobati perut kembung, nyeri haid, diare, mual, kecemasan terkait depresi, nyeri otot dan saraf, pilek, dan gangguan pencernaan.

Manfaat Herba Mint

Lepas dari perrbedaan manfaat dari spearmint dan peppermint. Secara umum, herba mint memiki manfaat sebagai berikut:

  1. Mint dapat mengobati alergi.
  2. Untuk mengobati common cold
  3. Untuk mengobati gangguan pencernaan
  4. Mint dalam hal ini peppermint dianggap dapat mengobati ulkus lambung
  5. Untuk meredakan nyeri
  6. Memberikan efek menenangkan dan mendinginkan kulit yang terkena gigitan serangga, ruam, atau reaksi lainnya bila dioleskan secara topikal
  7. Untuk menjaga kesehatan mulut: Mint adalah bahan anti-mikroba alami yang juga memberikan efek menyegarkan napas.

Risiko Herba Mint

Seperti kebanyakan herbal lainnya. Mint juga dapat memberikan efek samping pada sebagian orang. Beberapa risiko yang dapat muncul yaitu:

  1. Ruam kulit
  2. Iritasi tenggorokan,
  3. Sakit kepala, atau pusing
  4. Efek toksik
  5. Kejang pada bayi atau anak kecil jika di oleskan pada wajah.

Olehnya:

  1. Jangan gunakan mint dalam upaya untuk menenangkan masalah pencernaan jika gejala Anda berhubungan dengan gastroesophageal reflux disease (GERD). Mint akan bisa memperburuk gejala.
  2. Minyak peppermint, jika diminum dalam dosis besar,akan memberikan efek toksik. Ini dikarenakan mentol murni beracun dan tidak boleh dikonsumsi secara internal.
  3. Jangan oleskan minyak mint ke wajah bayi atau anak kecil, karena dapat menghambat pernapasan yang akhirnya dapat membuat kejang.
  4. Gunakan hati-hati produk mint jika anda pernah atau sebelumnya memiliki batu empedu.

Jika Anda sedang dalam pengobatan dan ingin mengkonsumsi mint, maka berkonsultasilah dengan penyedia layanan kesehatan baik dokter ataupun apoteker untuk menentukan apakah obat Anda berinteraksi dengan mint atau tidak. (LM/CM)

Referensi

Debra Rose Wilson, C. (2018). Peppermint: Health benefits and precautions. Retri eved from https://medicalnewstoday.com/articles/265214.php

Debra Rose Wilson, C. (2018). What are the health benefits of spearmint?. Retrieved from https://medicalnewstoday.com/articles/266128.php

Mint: Benefits, diet, risks, and nutrition. (2018). Retrieved from https://medical newstoday.com/articles/275944.php


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store