Obat Yang Wajib Disediakan Saat Traveling

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

148

Traveling atau berwisata merupakan suatu kegiatan yang sangat diinginkan banyak orang. Bahkan setiap keluarga selalu merencanakan hal tersebut untuk mengisi kegiatan ketika hari libur. Nah jika Anda ingin traveling, membawa obat sudah menjadi keharusan untuk antisipasi dan menjadi penolong ketika Anda sakit saat traveling. Obat apa sajakah itu? Berikut obat-obatan darurat yang harus Anda bawa ketika Anda akan traveling.

  1. Obat maag

Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit maag, maka obat golongan antasida sebaiknya ada dalam daftar obat yang dibawa saat travelingAntasida bekerja menetralisir produksi asam lambung yang berlebihan. Biasanya tersedia dalam kombinasi magnesium trisilikat dan alumunium hidroksida. Biasanya disertai pula dengan zat untuk meredakan kembung, mual, dan muntah. Minum obat ini sebelum makan sesuai anjuran yang tertera pada kemasan obat, apabila jadwal perjalanan Anda berpotensi menyebabkan penundaan makan atau jadwal makan yang tidak teratur, agar Anda dapat menikmati perjalanan Anda.

  1. Obat diare

Saat berkuliner di tempat tujuan, biasanya traveler akan mencoba beberapa makanan atau minuman yang bisa saja memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dengan menu makanan sehari-hari. Sehingga jika perut tidak dalam kondisi yang baik atau jika makanan tersebut tidak cocok dengan sistem pencernaan, bisa menyebabkan diare yang tentunya merepotkan karena harus BAB terus-menerus. Untuk itu persiapkan juga obat diare atau jika lupa, campurkan secangkir air hangat dengan sesendok makan garam dan gula untuk diminum sementara, agar keluhan diare dapat berkurang dan kegiatan jalan-jalan dapat dilanjutkan.

  1. Obat sakit kepala

Sakit kepala bisa menyerang Anda kapan saja termasuk saat traveling. Hal ini bisa diakibatkan oleh kelelahan atau mabuk perjalanan yang memicu kepala menjadi pusing. Jika pusing sudah tidak tertahankan lagi, maka Anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala dengan mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan obat. Salah satu obat sakit kepala yang umum adalah Paracetamol.

  1. Obat anti alergi

Untuk Anda yang memiliki alergi tertentu, baik terhadap cuaca maupun makanan, maka obat ini tidak boleh ditinggalkan. Meski dalam keseharian, kekambuhan alergi Anda tidak parah, sebaiknya Anda berjaga-jaga untuk membawa obat anti alergi yang Anda dapatkan dari dokter untuk menemani perjalanan Anda. Mengapa? Karena alergi dapat timbul mendadak dengan gejala yang membahayakan, hingga mengancam nyawa.

  1. Obat masuk angin

Masuk angin adalah penyakit klasik yang semua orang pernah alami. Rasanya tidak enak, kembung, mual, dan pusing. Anda pun tidak bisa melakukan apa-apa saat sedang terkena masuk angin. Penyakit ini biasanya disebabkan karena terkena angin terlalu lama, perut yang kosong, dan kondisi badan yang sedang menurun akibat kelelahan. Beberapa merek jamu sudah membuat jamu masuk angin yang mudah untuk dibawa. Ada yang cair, bubuk, bahkan permen. Jamu masuk angin pun sudah mudah ditemui di toko obat atau supermarket. Bila Anda lupa untuk membawa obat masuk angin, Anda dapat mencoba untuk mengompres perut Anda dengan handuk yang dibasahi air hangat atau botol yang berisi air hangat, untuk meredakan gejala. Pastikan juga untuk membawa jaket atau pakaian hangat, apabila Anda tahu bahwa destinasi perjalanan Anda merupakan daerah dengan cuaca berangin atau dingin.

  1. Obat-obatan yang sudah diresepkan dokter

Obat-obatan yang sudah diresepkan dokter untuk kondisi kesehatan tertentu. Misalnya Anda punya penyakit asma dan harus selalu bawa inhaler, atau Anda punya kencing manis, sehingga Anda harus bawa insulinObat darah tinggi juga harus dibawa jika dokter telah meresepkannya untuk Anda. Ingat untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum Anda memulai perjalanan, agar dokter Anda dapat memberikan masukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda selama perjalanan.

Selamat melakukan traveling, apabila Anda bingung, obat-obatan apa yang tepat dan perlu Anda persiapkan, silahkan Anda konsultasikan kepada dokter, melalui aplikasi PakDok. Salam sehat! (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/daftar-p3k-obat-liburan/

https://guesehat.com/6-obat-yang-wajib-Anda-bawa-saat-travelling


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store