Obesitas Pada Anak

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

48

Obesitas adalah gangguan kompleks yang melibatkan jumlah lemak tubuh yang berlebihan. Menjadi sangat gemuk berarti Anda sangat mungkin memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan berat badan Anda.

 

Obesitas adalah gangguan gizi paling umum di antara anak-anak dan remaja. Obesitas masa kanak-kanak rentan terhadap kelainan fungsi insulin dan diabetes tipe 2, hipertensi, gangguan jumlah kolesterol berlebih dalam tubuh, penyakit hati dan ginjal, dan kelainan organ reproduksi pada kemudian hari. Kondisi ini juga meningkatkan risiko obesitas pada saat dewasa. Banyak faktor, termasuk genetika, lingkungan, metabolisme, gaya hidup, dan kebiasaan makan, diyakini berperan dalam perkembangan obesitas.

 

Faktor reiiko

Faktor genetik yang berhubungan dengan obesitas anak termasuk:

  1. Sindrom Prader-Willi
  2. Pseudohypoparathyroidism
  3. Laurence-Moon-Biedl (Bardet-Biedl) syndrome
  4. Sindrom Cohen
  5. Sindrom Down
  6. Sindrom Turner

 

Gangguan hormonal yang terkait dengan obesitas anak termasuk yang berikut:

  1. Kekurangan hormon pertumbuhan
  2. Resistensi hormon pertumbuhan
  3. Kekurangan hormon tiroid
  4. Kekurangan atau resistensi leptin atau hormon pengatur perasaan lapar dan kenyang
  5. Pubertas sebelum waktunya
  6. Kelainan pada kesuburan dan alat reproduksi
  7. Tumor dan keganasan

 

Ketidakseimbangan

Selama masa kanak-kanak dan remaja, kelebihan lemak terakumulasi ketika total asupan energi melebihi total pengeluaran energi. Ketidakseimbangan energi ini dapat dihasilkan dari asupan makanan yang berlebihan dan / atau pengurangan pengeluaran energi, yang terakhir biasanya merupakan konsekuensi dari gaya hidup yang tidak aktif. Ini terutama terkait dengan menonton televisi yang berlebihan, penggunaan komputer yang berlebihan, dan aktivitas fisik yang tidak mencukupi. Pada masa bayi, penimbunan lemak berlebih terjadi ketika asupan makanan berlebih diberikan.

 

Kompilkasi

  1. Komplikasi akut obesitas anak

Komplikasi akut obesitas anak termasuk diabetes tipe 2, hipertensi, kelebihan kolesterol dalam tubuh, pembesaran payudara tidak normal pada laki-laki, gangguan hati, radang organ pankreas, dan terjadinya tumor pada otak. Obesitas juga dapat menyebabkan sleep apnea atau gangguan pernafasan saat tidur yang bisa menyebabkan kematian mendadak.

 

  1. Komplikasi jangka panjang obesitas anak

Obesitas selama masa kanak-kanak dan remaja dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas selama masa dewasa, dengan risiko kesehatan jangka panjang yang menyertainya. Peningkatan risiko ini tampak paling menonjol untuk remaja laki-laki dengan obesitas sedang sampai berat. Secara umum, proporsi anak-anak dengan obesitas yang mengalami obesitas saat dewasa meningkat dengan bertambahnya usia saat terjadinya obesitas, seperti 26-41% anak-anak prasekolah dengan obesitas memiliki obesitas sebagai orang dewasa, dibandingkan dengan 42-63% anak usia sekolah. Selain itu, semakin tinggi tingkat obesitas selama masa kanak-kanak, semakin tinggi risiko obesitas dewasa.

 

Penanganan

  1. Peran keluaraga

Pengendalian berat badan berbasis keluarga efektif untuk anak-anak dengan obesitas berat. Intervensi apa pun kemungkinan akan gagal jika tidak melibatkan partisipasi aktif dan dukungan anggota keluarga.

 

  1. Modifikasi gaya hidup, latihan, dan aktivitas fisik

Dokter dan orang tua harus mendorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang kuat selama masa remaja dan dewasa muda dan membatasi waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi dan bermain game komputer. Bahkan berjalan biasa selama 20-30 menit per hari dapat memfasilitasi untuk mengontrol berat badan. (LM)

 

Referensi

Obesity in Children Treatment & Management: Approach Considerations, Behavioral Treatment, Lifestyle Modifications, Exercise, and Physical Activity. (2018). Retrieved from https://emedicine.medscape.com/article/985333-treatment

Obesity – Symptoms and causes. (2018). Retrieved from https://www.mayoclinic.org/ diseases-conditions/obesity/symptoms-causes/syc-20375742


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store