Olahraga Pada Malam Hari

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

149

Banyaknya aktivitas baik di sekolah, di kampus, atau tempat kerja, kadang membuat waktu untuk berolahraga menjadi sedikit. Namun, jika membicarakan waktu olahraga yang paling tepat, maka kita tentu akan mendengarkan banyak pendapat bahwa pagi hari, saat sinar matahari masih hangat, merupakan waktu yang paling ideal.  Akan tetapi, bagi yang terbiasa dengan beraktivitas dari pagi, berolahraga pada awal hari ini tentu sulit dilakukan. Hal itu seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak bisa berolahraga, lho. Lalu kapan lagi, waktu yang baik untuk melakukan olahraga? Untuk menjawabnya, simak penjelasan berikut:

Olahraga malam hari baik untuk kesehatan?

Pakar kesehatan berpendapat bahwa berolahraga di malam hari ternyata masih bisa memberikan kebaikan bagi tubuh. Menurut Gladys Pearson, seorang psikolog yang mempelajari otot di Manchaster Meteopolitan University, olahraga malam memiliki dampak yang lebih besar untuk tubuh. Studi yang dilakukan Pearson mengungkapkan, olahraga malam dapat meningkatkan kapasitas fisik antara delapan hingga 30 persen. Alasannya, otot menjadi lebih hangat setelah berolahraga. Namun demikian, berolahraga di malam hari memang tidak akan memberian keuntungan layaknya jika kita berolahraga di pagi hari, yang memiliki banyak paparan sinar matahari dan udara yang cenderung masih segar.

Nah, sebaiknya olahraga di malam hari tidak dilakukan di waktu yang sangat larut. Walaupun bisa membuat tubuh banyak bergerak, namun, olahraga di waktu yang sangat larut tentu akan mengganggu waktu tidur yang justru berakibat buruk bagi kesehatan. Selain itu, harus diingat bahwa olahraga malam juga harus diawali dengan pemanasan dan juga harus diakhiri dengan peregangan atau pendinginan agar tubuh tidak mudah cedera. Berikan pula jeda setidaknya satu jam bagi tubuh diantara waktu berolahraga dan juga waktu menjelang tidur.

Apa saja manfaat olahraga pada malam hari?

Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan jika kamu melakukan olahraga pada malam hari yaitu:

  1. Pastinya untuk mendapatkan kebugaran dan kesehatan
  2. Kamu bisa berolahraga lebih santai dan lebih lama
  3. Berolahraga malam akan mengurangi rasa frustasi yang dialami selama seharian
  4. Olahraga malam menghilangkan stres
  5. Kamu akan bisa tidur lebih nyenyak
  6. Relaksasi otak
  7. Membentuk otot
  8. Mengurangi risiko cedera, yaitu  saat berolahraga di malam hari otot – otot tubuh sudah siap karena sudah terbiasa oleh aktivitas sebelumnya.sehingga tidak menyebabkan resiko cedera terutama dipersendian tubuh karena otot belum siap untuk melakukan aktivitas yang berat
  9. Menghilangkan racun dan toxin setelah seharian beraktivitas
  10. Membantu menanggulangi gangguan tidur
  11. Berolahraga di malam hari dapat mengefisiensikan waktu, karena tidak dikejar waktu seperti di pagi hari, terutama bagi Anda yang bekerja kantoran.

Tips olahraga pada malam hari

Berikut tips untuk melakukan olahraga di malam hari:

  1. Untuk yang pertama kali berolahraga malam mungkin akan merasa susah tidur, maka disarankan untuk waktu berolahraga tidak berdekatan dengan waktu tidur karena setelah berolahraga suhu tubuh akan naik dan tubuh menjadi segar, hal itu dapat menyulitkan kita untuk tidur.
  2. Kelelahan pasti dirasakan saat awal latihan karena kurang terbiasa, oleh karena itu lakukan olahraga ringan terlebih dahulu agar tubuh beradaptasi.
  3. Lebih baik berolahraga didalam ruangan (indoor) karena kapasitas karbondioksida pada malam hari jauh lebih tinggi dari pada siang hari.
  4. Jangan langsung mandi ketika selesai olahraga, pastikan tubuh Anda sudah dalam kondisi normal kembali.
  5. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan
  6. Tidurlah 1-2 jam setelah fase pendinginan selesai. (LM/CM)

Referensi

The Surprising Benefits of Exercising at Night. (2018). Retrieved from https://greatist. com/move/reasons-working-out-night-best

17 Reasons People Who Exercise At Night Are Doing It Right. (2018). Retrieved from https://www.buzzfeed.com/caseygueren/i-need-to-sweat-off-this-day?utm_term=.obQL7MZAQ#.uhnJjw7nP


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store