Olahraga Ringan Untuk Mengecilkan Perut Buncit!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

280

Memiliki perut yang buncit pastinya meresahkan dan membuat kita kehilangan percaya diri, namun tahukah anda, ternyata hanya dengan beberapa gerakan olahraga ini kita bisa mengecilkan perut yang buncit. Kira-kira seperti apa yah olahraganya? Sebelum mempelajari gerakan-gerakan ini, yuk ketahui dulu apa sebenarnya penyebab dari perut buncit!

  1. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, produksi protein dalam tubuh yang berperan untuk pembentukan otot akan menurun. Sebaliknya, produksi lemak meningkat sehingga jika tidak diimbangi dengan olahraga dan diet, lemak lama kelamaan akan menumpuk terutama di daerah perut.

  1. Sering mengkonsumsi makanan cepat saji

Mengkonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan resiko perut buncit. Alasannya karena kandungan gula, lemak, dan kalori dalam makanan cepat saji ternyata cukup tinggi dibandingkan kebutuhan harian anda. Zat makanan berlebihan ini yang akhirnya menumpuk dan membuat badan menjadi lebih gemuk,

  1. Kurang tidur

Tidur yang cukup itu idealnya 6-8 jam dalam sehari. Dengan tidur yang cukup metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik dan pembakaran lemak tubuh menjadi optimal.

  1. Faktor keturunan

Apabila orang tua memiliki berat badan yang berlebih biasanya anak-anaknya lebih beresiko untuk mengalami hal yang serupa. Namun tak perlu khawatir hal seperti ini bisa diatasi dengan mulai menerapkan pola hidup sehat sejak dini.

  1. Kurang bergerak (olahraga)

Kurang olahraga dapat menghambat proses pembakaran lemak dalam perut. Organisasi kesehatan dunia merekomendasikan olahraga sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Olahraga seperti sit-up saja ternyata tidak cukup untuk mengecilkan perut yang buncit karena gerakan ini hanya bisa mengencangkan otot perut tetapi tidak dapat membakar lemak.

Parameter perut buncit adalah lingkar perut, nilai normal untuk wanita adalah 88 cm, sementara untuk pria 102 cm. Apabila lingkar perut anda sudah melebihi batas normal, sebaiknya anda mulai mengimbanginya dengan diet makanan sehat dan olahraga rutin. Berikut ini ada beberapa gerakan olahraga yang mudah dilakukan dirumah dan efektif untuk mengeceilkan perut yang bucit!

  1. Gerakkan kedua tangan dari samping kiri atas kearah kanan bawah sambil mengepalkan jari. Diikuti dengan menekukan kaki kanan kearah kiri atas hingga sejajar pinggang. Lakukan juga kearah sebaliknya.
  2. Sedikit jongkokkan badan hingga membuat kuda-kuda, lalu dorong tangan ke belakang sambil melompat. Fokuskan gerakan ini ke otot perut.
  3. Berbaring dan letakkan kedua tangan dibelakang kepala gerakkan kedua kaki secara bergantian seperti mengayuh sepeda sambal mengangkat sikut kearah lutut yang berlawanan.
  4. Berbaringlah dengan posisi menyamping ke sisi kiri atau kanan. Tempatkan siku di lantai sebagai tumpuan di bawah bahu. Tumpuk kaki yang satu di atas kaki lainnya. Tempatkan lengan lurus di sisi tubuh. Angkatlah perut dan pinggul dari lantai sehingga seluruh tubuh Anda berada pada posisi lurus diagonal dari kepala hingga kaki. Tahan posisi ini selama 30 hingga 45 detik. Lakukan juga pada sisi yang berlawanan.

Gerakan-gerakan ini dapat dilakukan sebanyak 10 sampai 12 kali dan diulang 2 sampai 3 set. Perlu diingat sebelum melakukan olahraga lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi resiko cedera dan nyeri otot setelah olahraga. Yang paling penting, lakukan olahraga ini secara rutin agar hasilnya maksimal ! (RH/CM)

Daftar pustaka :

  1. Li C., Ford E. McGuire L., Mokdad A., Increasing Trends in Waist Circumference and Abdominal Obesity among U.S. Adults, Journal Obesity,2007
  2. Lange M., Sports Medicine, New York:Elsevier, 2012
  3. Sudoyo A., Setiyohadi B., Alwi I., Simadibrata M., Setiati S., editor. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta:Interna Publishing; 2009

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store