Olahraga Saat Puasa

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

263

Puasa tidak menjadi alasan untuk tidak menjaga kebugaran kita.  Olahraga pada saat puasa tetap dapat dilakukan untuk memelihara kesehatan dan kebugaran, meski perlu dilakukan penyesuaian frekuensi, intensitas, serta durasinya.

Waktu yang tepat untuk berolahraga saat berpuasa adalah sebelum berbuka, karena cairan yang hilang saat latihan berlangsung dapat segera tergantikan. Jangan berolahraga pada malam hari karena hal ini dapat menunda waktu tidur, sebab untuk tidur tubuh perlu kembali ke keadaan semula seperti sebelum berolahraga.

Jenis olaharaga yang dianjurkan selama berpuasa adalah aerobic yang bertujuan untuk memelihara ketahanan jantung dan paru, dengan catatan olahraga yang dilakukan intensitasnya ringan sampai sedang. Contohnya jalan, jogging, bersepeda, senam. Salah satu senam yang bisa dilakukan di rumah adalah senam di kursi (chair exercise), senam ini dapt dilakukan sembari menunggu buka puasa.

Bagaimana cara melakukan Chair exercise? Simak dibawah ini.

  1. Gerakan berjalan

Posisi duduk tegak demgan kaki selabar bahu. Ayunkan tangan seperti saat melangkah dan kaki digerakkan seperti sedang berjalan ditempat.

  1. Gerakan tangan bertepuk

Posisi duduk tegak, tangan lurus bertepuk di atas kepala sambil kaki tetap bergerak seperti sedang berjalan.

  1. Gerakan ayunan tangan ke belakang

Kedua tangan ditekuk, kemudian serentak diayun ke belakang sambil mempertahankan posisi badan dan gerakan kaki.

  1. Gerakan meluruskan kaki

Posisi duduk tegak, kaki bergantian diluruskan ke samping, sambil kedua siku ditekuk dan diluruskan.

Bagaimana, mudah bukan? Chair exercise dapat dilakukan selama 20 -30 menit tanpa henti. Bila belum mampu dapat dilakukan 2 x 15 menit. Latihan harus didahului dengan pemanasan dan peregangan serta diakhiri dengan pendinginan dan peregangan pula. (EDA/CM)

Sumber :

Tobing A. Bugar Saat Puasa Dengan Chair Exercise. Majalah Kesehatan Keluarga Dokter Kita. Edisi 8 Tahun IV. Agustus 2009.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store