Olahraga Untuk Memperkuat Jantung

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

128

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi orang sehat, tapi juga terbukti baik bagi yang telah menderita penyakit jantung dan telah mengalami perawatan, agar dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Penyakit Jantung Koroner yang disebabkan oleh kurang gerak atau kurang aktivitas fisik dan kegemukan, dapat dicegah dengan berolahraga. Penyakit kurang gerak atau yang kita kenal dengan hypocinetik deseases memacu tubuh kita untuk menimbun lemak yang tidak berfungsi di dalam tubuh kita dan khususnya di jantung. Penimbunan lemak ini akan mempersempit pembuluh darah sebagai jalur transportasi untuk mengalirkan sari-sari makanan dan oksigen. Akibatnya, darah tidak bisa mengalir, sari makanan dan oksigen tidak dapat dihantarkan dengan baik, dan sel-sel tubuh akan mati akibat kekurangan energi.

Untuk mencegahnya, simak beberapa jenis latihan yang baik untuk penderita jantung sebagai berikut:

  1. Bersepeda

Asyik, seru, dan menantang merupakan beberapa kata yang dapat menggambarkan olahraga ini. Rutin berolahraga dengan bersepeda akan bermanfaat besar untuk memperkuat kesehatan jantung dan menguatkan otot dan persendian pada kaki Anda.

  1. Lari

Meluangkan waktu untuk melakukan olahraga lari dapat membantu memperkuat kesehatan jantung Anda. Disamping itu, olahraga ini dapat membantu membakar kalori pada tubuh lebih cepat dan lebih banyak. Sehingga mampu menurunkan badan secara lebih efektif dan alami.

  1. Berenang

Berenang mungkin menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus menjadi salah satu hobi bagi sebagian orang. Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari berenang seperti menyehatkan organ jantung serta memperkuat otot pada tubuh Anda.

  1. Jalan kaki

Tanpa disadari, hampir setiap aktivitas yang kita lakukan setiap hari pasti melibatkan kaki Anda. Sediakan waktu 30 menit untuk berjalan kaki di pagi hari.

  1. Olahraga kombinasi

Berolahraga dengan melakukan satu jenis olahraga secara terus menerus tentu akan berdampak pada timbulnya rasa kebosanan. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengatur jadwal olahraga harian atau mengkombinasikan atau menggabungkan olahraga tersebut seperti berjalan cepat kemudian berlari. Agar kesehatan jantung tetap terjaga dan rasa bosan pun sirna.

Jenis latihan seperti disebutkan diatas walaupun baik untuk penderita jantung namun demikian setiap olahraga memerlukan format atau aturan. Sebelum latihan diwali dengan pemanasan dan diakhirai dengan pendingianan. Durasi berolahraga cukup 30 menit tiap hari dapat memperbaiki kesehatan jantung dan memberi manfaat efektif bagi kesehatan.

Hal lain yang perlu diingat, bahwa penderita jantung pascaperawatan atau serangan jantung tidak boleh berlatih sembarangan tanpa pengawasan ahli yang menentukan program yang sesuai untuk dirinya. Hal ini disebabkan oleh kondisi jantung yang belum pulih secara sempurna dan memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kekambuhan, sehingga olahraga yang ingin dilakukan harus dikonsultasikan dan diawasi oleh dokter.

Memulai olahraga seringkali menjadi hal yang berat untuk dilakukan, namun lama-kelamaan, hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik dan menjadi gaya hidup aktif seseorang. (EM/STE)

Daftar Pustaka

PENDERITA JANTUNG MENJADI BUGAR MELALUI OLAHRAGA. https://staffnew.uny.ac.id/ diakses pada tanggal 25 September 2018.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store