Olahraga Yang Baik Untuk Jantung

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

288

Olahraga adalah suatu aktifitas yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan apabila dilakukan secara rutin dan terjadwal. Salah satu manfaatnya adalah menyehatkan jantung Anda. Setiap individu memiliki tingkat kekuatan jantung yang berbeda-beda, jadi sebelum Anda melakukan olahraga, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jangan sampai Anda salah memilih jenis olahraga yang justru dapat memperparah kondisi kesehatan jantung Anda atau bahkan sampai mengancam nyawa Anda. Berikut ini adalah jenis olahraga ringan dan mudah untuk menjaga kesehatan jantung yang dapat Anda lakukan bersama keluarga tercinta.

  1. Berjalan Kaki

Anda dapat melakukan jalan sehat, jalan santai, ataupun jalan cepat untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan jantung Anda secara alami. Tidak hanya itu saja, jalan cepat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol buruk, meningkatkan kadar kolesterol baik, menjaga berat badan, menurunkan tekanan darah, serta menjaga mood Anda.

  1. Jogging atau Lari

Jogging atau Lari merupakan olahraga ringan yang bisa membuat jantung tetap sehat, menjaga daya tahan tubuh, menambah kebugaran tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung. Dengan berlari, Anda bukan hanya mengurangi risiko penyakit jantung, tetapi Anda juga dapat menurunkan risiko obesitas melalui pembakaran kalori  yang cukup besar melaui olahraga ini.

  1. Berenang

Berenang dapat membantu meredakan stress dan melatih paru-paru. Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Berenang akan mengaktifkan seluruh otot yang sebelumnya tak pernah digerakkan, dengan demikian hal ini akan memberikan beberapa manfaat baik untuk jantung seperti menurunkan detak jantung, melancarkan sirkulasi darah, membantu pernafasan, serta menjaga tekanan darah tetap normal. Jika Anda memiliki masalah dengan persendian dan sulit untuk melakukan olahraga lari, berenang dapat menjadi salah satu alternatif yang tidak kalah manfaatnya.

  1. Aerobik

Senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan kreatif dengan ritme yang cepat. Manfaat senam aerobik adalah meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh.  Olahraga jenis ini mampu membuat jantung memompa darah secara lebih efisien.

  1. Bersepeda

Bersepeda bersama keluarga tercinta pada pagi atau sore hari merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan agar tubuh tetap bergerak. Bersepeda sangat baik untuk kesehatan Anda terutama untuk jantung, pembuluh darah, paru-paru, dan persendian. Bersepeda rutin dan teratur akan menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Selain itu, bersepeda juga dapat memperkuat otot-otot pada bagian paha dan kaki Anda serta mengurangi lemak pada tubuh bagian bawah jika dilakukan secara rutin.

Jadi tunggu apa lagi, mari hidup sehat bersama keluarga kita tercinta. Jangan menyesali sesuatu yang tidak perlu terjadi apabila kita dapat mencegahnya. Salam sehat Pakdok! (RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. https://media-shareplus.blogspot.co.id/2014/09/5-jenis-olahraga-yang-baik-untuk-kesehatan-jantung.html
  2. https://prosehat.com/artikel/artikelkesehatan/5-olahraga-terbaik-untuk-kesehatan-jantung

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store