Olahraga Yang Baik Untuk Lansia

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

603

Aktivitas olahraga sangat penting, tidak peduli berapapun usianya. Aktivitas ini menjadi semakin penting untuk dilakukan saat berusia tua, mengapa? Tentu saja agar di masa tua kita tetap bugar dan sehat. Seberapa banyak aktivitas olahraga yang dibutuhkan setiap hari dan olahraga apa yang cocok untuk orang berusia tua (lansia)? Simak penjelasan berikut:

Mengapa orang berusia tua harus terus bergerak?

Aktivitas sangat baik untuk seluruh tubuh. Terus bergerak dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit, termasuk penyakit kardiovaskular, jenis kanker tertentu, diabetes dan depresi. Namun, bagi yang berusia tua (lansia) tetap bergerak atau melakukan aktivitas olahraga memiliki keuntungan lain yaitu:

  1. Mengurangi risiko patah tulang karena tulang tetap kuat.
  2. Kekuatan otot dan kecepatan berjalan masih tetap berfungsi normal dan lebih lama dengan penggunaan biasa.
  3. Aktivitas olahraga berkaitan dengan risiko penurunan kognitif yang lebih rendah. Olahraga meningkatkan aliran aliran darah ke otak, membantunya tetap sehat untuk waktu yang lama.

Berapa lama aktivitas olahraga untuk dilakukan lansia?

Dalam pedoman aktivitas olahraga dan fitness, lansia harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas sedang setiap minggunya. Waktu tersebut dapat dibagi selama beberapa hari. Namun, waktu tersebut tidak mengikat, olahraga dapat dilakukan lebih panjang dengan catatan tidak ada kontra indikasi. Semakin aktif lansia, semakin banyak manfaat kesehatan yang akan dinikmati.

Olahraga apa saja yang cocok bagi lansia?

Tidak semua olahraga cocok dilakukan saat seseorang berusia di atas 65 tahun karena lebih rentan mengalami cedera. Sebaiknya hindarilah olahraga kontak seperti sepak bola atau olahraga yang memiliki risiko gerakan tiba-tiba, tabrakan, atau terjatuh. Berikut olahraga yang cocok untuk orang berusia tua (lansia) yang ingin tetap fit:

  1. Fitnes

Olahraga ini dilakukan di bawah pengawasan seorang instruktur yang berpengalaman. Yang mana fitness dapat melatih kekutan otot dan juga membuat tubuh menjadi lebih bugar.

  1. Renang

Berenang adalah olahraga yang sangat baik untuk orang tua karena air mendukung untuk melatih persendian, sehingga meminimalkan risiko cedera sendi. Selain itu, juga melatih kekuatan otot.

  1. Senam

Senam adalah olahraga yang dapat melatih kesimbangan, meningkatkan aktivitas otot dan tulang. Senam setidaknya dilakukan 2 kali seminggu.

  1. Berjalan atau bersepeda

Berjalan atau bersepeda merupakan olahraga yang menjaga tubuh tetap bugar, memberikan efek positif pada sistem kardiovaskular dan meningkatkan aliran darah yang akan memperbaiki kondisi kondisi kulit. Berjalan atau bersepeda adalah cara yang baik untuk mengurangi beban pikiran dan stres.

  1. Squash

Squash adalah olahraga mirip tenis, namun olahraga ini dilakukan didalam ruangan, dan bola yang dipakai di pukul ke dinding. Olahraga ini dapat membakar sebanyak 500 kalori dalam waktu setengah jam bermain. Karena saat melakukan squash, anda akan berlari dan melompat untuk mengambil bola. Hal ini juga baik untuk melatih sendi.

  1. Golf

Golf merupakan olahraga yang baik untuk tubuh. Olahraga golf dapat melatih otot, melatih otak dan juga mengurangi stress.

Jika anda tidak sedang ingin berolahraga, Bergerak sedikit lebih sering dan lebih intensif untuk menjaga tetap sehat. Misalnya membersihkan rumah, naik tangga, dan aktivitas kecil lainnya. (LM/CM)

Referensi

  1. Exercise for the elderly through sport is really important. (2018). Retrieved from https://dokteronline.com/en/blog/excercise-for-the-elderly
  2. 7 Sport and Fitness Activities for Older People | Lifeline24. (2018). Retrieved from https://lifeline24.co.uk/sport-and-fitness-activities/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store