Olahraga Yang Tepat Dilakukan Pada Pagi Atau Sore ?

144

Kesibukan sehari-hari kadang membuat Anda dan kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk memiliki tubuh yang bugar dan selalu sehat.

Pertentangan dimana Anda harus memilih lebih mementingkan pekerjaan, kehidupan sosial atau justru berolahraga akan membuat Anda bingung.

Nah untuk menyiasiati keadaan ini banyak orang yang memilih untuk berolahraga disore hari menjelang malam hari. Apakah hal ini lebih baik atau justru yang terbaik adalah olahraga pagi hari.

Manfaat olahraga pagi

Saat Anda berolahraga akan membantu mengeluarkan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih bersemangat. Jadi bila Anda berolahraga saat dipagi hari sebelum jam 9, maka satu hari Anda akan dipenuhi dengan endorfin.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise mengevaluasi kelompok wanita dimana ada 2 kelompok yaitu kelompk pertama adalah kelompok yang sehat dan memiliki berat badan yang ideal sedangkan kelompok yang kedua adalah kelompok yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Kedua kelompok ini berolahraga pada hari yaitu jalan cepat selama 45 menit. Dan hasilnya setelah mereka berolahraga, diperlihatkan foto makanan yang lezal dan ternyata minat mereka terhadap makanan tersebut menurun.

Berolahraga di pagi hari akan meningkatkan aktivitas fisik sepanjang hari lebih baik dibandingkan mereka tidak berolahraga di pagi hari. Manfaat tambahan dari berolahraga di pagi hari adalah metabolisme meningkat, yang berarti Anda akan terus membakar kalori sepanjang hari saat Anda mengkonsumsi makanan dibanding mereka yang berolahraga di sore hari.

Selain itu dikatakan apabila berolahraga dengan keadaan perut kosong makan akan membakar lebih banyak lemak, yaitu bisa lebih dari 20 %.

Manfaat olahraga sore atau malam hari.

Ternyata pada saat sore maka kemampuan tubuh Anda berada di puncak. Dimana suhu tubuh meningkat dan mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot dan kekuatan, aktivitas enzim, dan daya tahan tubuh.

Yaitu saat pukul 14.00-18.00 WIB adalah waktu dimana suhu tubuh Anda berada pada titik tertinggi. Hal ini berarti adalah saat dimana tubuh Anda sangat siap untuk berolahraga.

Selain itu, penyerapan oksigen lebih cepat di malam hari, yang berarti Anda menggunakan sumber daya tubuh Anda lebih lambat dan lebih efektif dibanding di pagi hari. Olahraga pagi hari akan memakan energi Anda, sehingga mengganggu fokus latihan Anda.

Selain itu pada saat sore atau malam hari dimana kondisi denyut jantung dan tekanan darah yang rendah, yang mengurangi kesempatan Anda mengalami cedera. Kemudian manfaat lain adalah saat berolahraga di sore atau malam hari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Jadi lebih baik mana olahraga pagi hari atau sore hari??? Jawabannya adalah tergantung bila Anda ingin membakar lemak tentu Anda harus berolahraga di pagi hari namun bila Anda ingin tidur lebih nyenyak dan kondisi otot Anda sedang optimal untuk beolahraga maka jawabannya adalah olahraga di sore atau malam hari.

Semua pilihan ada di tangan Anda, namun jauh lebih baik Anda tetap berolahraga kapanpun waktunya dibanding tidak berolahraga sama sekali.

Sumber: healthline