“Pahitnya” Makanan Manis Untuk Kulitmu

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

191

Sebagian besar tidak bisa menolak makanan manis, mungkin Anda salah satunya. Selain rasanya yang nikmat, makanan manis juga memberikan energi instan karena kandungan gulanya yang tinggi. Berbagai penelitian telah mengungkapkan betapa kita harus berhati-hati dengan makanan manis, mulai dari bahaya penyakit seperti Diabetes Mellitus (kencing manis), obesitas (kegemukan), kanker, dan sebagainya.

Konsumsi gula yang tinggi ternyata juga dapat menganggu kesehatan kulit. Loh, kok bisa yah? Dilansir dari healthmeup.com, ketika Anda mengonsumsi gula maka tubuh akan cepat mengubahnya menjadi glukosa yang meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Kemudian terjadi inflamasi yang bisa memberikan pengaruh buruk pada kulit seperti berikut ini.

  1. Peradangan

Gula menyebabkan peradangan dalam tubuh Anda. Kemudian peradangan akan menyebabkan kulit Anda berjerawat, mudah infeksi, serta memerah.

  1. Keriput

Peradangan ternyata tidak hanya menyebabkan jerawat, namun juga mengakibatkan keriput. Sebab gula akan menyerang kolagen sehat pada kulit dan saat kolagen melemah, maka kulit Anda akan kusam, keriput, dan kering.

  1. Gula darah tidak seimbang

Gula dalam bentuk apapun mengubah kadar gula darah dalam tubuh. Bila Anda mengonsumsi makanan manis, kadar gula darah Anda meningkat dengan cepat. Tak lama, ketika insulin dilepaskan ke dalam sel Anda, kadar gula darah Anda turun. Penurunan drastis gula darah ini menciptakan stres internal dalam tubuh, yang menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

  1. Kerusakan radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang menghasilkan penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan manis dan tinggi gula menciptakan radikal bebas dalam tubuh.

  1. Kulit kering

Gula akan menghisap air dari dalam sel tubuh Anda sehingga menyebabkan kulit kering, bengkak, dan kusam.

Ternyata manis di lidah tidak sama dengan manis untuk kesehatan kita ya? Mulailah hidup sehat dengan diet nutrisi seimbang. Hidup sehat juga bermula dari apa yang kita makan. Salam sehat Pakdok! (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

https://recipes.timesofindia.com/articles/food-facts/foods-that-make-you-age-faster/foods-that-make-you-look-older/photostory/63298219.cms/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store