Pakai Hitam, Siapa Takut? #saynotodandruff

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

254

“Pakai Hitam, SIAPA TAKUT?!”

Ingat slogan sebuah iklan shampoo tersebut? Iklan tersebut dengan jitu “menebak” rasa tidak nyaman beberapa orang menggenakan kostum hitam karena takut ketombe akan terlihat. Ketombe adalah penyakit yang menyerang kulit kepala, dalam dunia medis ketombe dikenal dengan Pityriasis capitis. Pada orang yang ketombean, terjadi pengelupasan kulit mati berlebihan pada kulit kepala. Sebenarnya, sel-sel kulit kepala yang mati dan terkelupas merupakan kejadian yang normal apabila jumlahnya sedikit, namun pada beberapa orang hal ini bisa terjadi secara terus menerus dan dalam jumlah yang banyak.

Gejala ketombe sangat mudah dikenali. Serpihan kulit mati berwarna putih atau keabu-abuan dan kadang berminyak dapat terlihat dengan jelas saat menempel pada rambut atau ketika berjatuhan di bahu penderita. Selain itu ketombe juga akan memberikan gejala gatal di kulit kepala. Beberapa penyebab ketombe adalah :

  1. Kulit kepala mengalami iritasi dan berminyak.

Ini adalah salah satu penyebab ketombe paling umum dan menyebabkan kulit memerah dan berminyak yang tertutupi oleh sisik putih atau kuning.

  1. Malas mencuci rambut

Bila anda tidak mencuci rambut secara teratur, minyak dan sel kulit dari kulit kepala bisa menumpuk dan menyebabkan ketombe.

  1. Jamur

Ada beberapa jenis jamur yang dapat hidup di kulit kepala.

  1. Kulit kering

Serpihan dari kulit kering umumnya berukuran lebih kecil dan kurang berminyak daripada penyebab ketombe lainnya.

  1. Sensitivitas terhadap produk perawatan rambut.

Produk yang bisa menyebabkan reaksi sensitivitas adalah sampo atau pewarna rambut.

Diperkirakan satu dari dua orang yang hidup di kawasan Eropa Barat dan Amerika Utara pernah mengalami rambut berketombe. Ketombe sering muncul pada masa remaja atau puber. Ketombe lebih umum terjadi pada pria daripada wanita. Beberapa penelitian menduga bahwa dengan mengkonsumsi minuman beralkohol yang berlebihan dan dibarengi dengan makanan yang terlalu asin, manis atau pedas bisa memperparah ketombe.

Jika melihat faktor penyebab ketombe yang telah dibahas di atas, sebenanrnya mudah untuk menghindari ketombe. Cukup dengan rutin membersihkan rambut dan mencari produk perawatan rambut yang cocok dengan kulit kepala kita. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe/anti dandruff yang bisa dibeli bebas. Biasanya ketombe akan langsung bereaksi terhadap metode ini. Jika sampo gagal mengobati ketombe anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Ingat, mencegah adalah lebih baik dari mngobati, jadi tunggu apalagi, mulailah dari sekarang merawat rambut dan kulit kepala agar terhindar dari ketombe dan Anda lebih percaya diri. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Pengertian Ketombe, https://www.alodokter.com/ketombe
  2. Ketombe, https://id.wikipedia.org/wiki/Ketombe
  3. Samiadi LA, Savitri T. Apa Itu Ketombe, https://hellosehat.com/penyakit/ketombe/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store