Panduan Berbuka Puasa yang Baik dan Benar Agar Tubuh Terjaga Kesehatannya

176

Karena waktu berbuka puasa sudah ditentukan sebelumnya, maka Anda pun dapat menyiapkan makanan berbuka sebelumnya. Makanan yang paling baik untuk berbuka puasa adalah makanan yang manis (tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak dan jangan terlalu manis, terutama bila Anda juga menderita diabetes) dan lembut.

 

Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan asupan energi dalam waktu singkat, yang biasanya dapat diberikan oleh gula, sehingga tubuh pun dapat kembali terasa segar dalam waktu singkat. Akan tetapi, mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan saat berbuka juga dapat membuat tubuh terasa lemas dan mengantuk beberapa lama kemudian.

 

Selain itu, biasakanlah mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu padat saat berbuka. Setelah sholat barulah Anda boleh mengkonsumsi berbagai jenis makanan berat, tetapi tetap tidak boleh dalam jumlah berlebihan. Makanlah dengan porsi kecil dan berhentilah sebelum Anda merasa kekenyangan.

 

Biasakanlah makan secara perlahan saat berbuka sehingga sistem pencernaan Anda pun tidak bekerja terlalu berat. Konsumsilah berbagai jenis buah-buahan, sayuran, dan yogurt yang dapat membantu kerja sistem pencernaan Anda.

Sumber: infojajan