PANDUAN MENJALANI “NEW NORMAL” DI MASA PANDEMI COVID-19

4

Pandemi Covid-19 telah membuat semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal akibat pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Namun, dengan mulai dilonggarkan pembatasan tersebut, pemerintah menganjurkan kita untuk mulai melakukan kegiatan seperti biasa, sambil mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

Berikut ini adalah panduan penting yang perlu diketahui untuk menjalani “new normal”, yaitu:

  1. Saat keluar rumah dan kembali ke rumah

Penerapan new normal akan membuat Anda lebih longgar untuk keluar rumah. Namun, Anda harus tetap menerapkan langkah pencegahan dasar kapanpun dan dimanapun. Jangan memaksakan diri untuk keluar rumah saat tubuh sedang tidak fit. Bila keperluan sudah selesai, segera kembali ke rumah dan langsung lakukan ini:

  • Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah.
  • Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang digunakan.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air.
  • Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup.
  • Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai dengan keluarga.
  • Saat menggunakan transportasi umum

Bila Anda harus bepergian ke suatu tempat dan menggunakan transportasi umum, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Selalu gunakan masker dan bawalah hand sanitizer.
  • Jangan menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dibersihkan.
  • Kurangi berinteraksi dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan penumpang lain.
  • Pastikan Anda membawa botol minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan.
  • Saat bekerja

Saat beraktivitas di tempat kerja ataupun saat rapat, pastikan jarak antarkursi minimal 1 meter. Bila ada rekan kerja yang duduk dengan jarak kurang dari itu, jangan ragu untuk menegur dan mengingatkannya agar menjaga jarak. Jangan lupa juga untuk selalu memakai masker dan rajin mencuci tangan.

Saat makan siang, upayakan untuk selalu membawa bekal dari rumah agar Anda tidak perlu ke tempat yang ramai untuk membeli makanan. Bila Anda sakit, mintalah izin untuk tidak masuk kerja, atau bila memungkinkan, bekerjalah dari rumah untuk sementara waktu.

  • Saat berbelanja

Bila Anda harus berbelanja membeli bahan makanan, selalu terapkan physical distancing. Batasi menyentuh barang-barang di toko ataupun di tempat umum. Setelah menyentuh barang-barang, jangan menyentuh wajah atau barang-barang pribadi, misalnya tas dan handphone, sebelum mencuci tangan. Sewaktu membayar, upayakan untuk menggunakan metode pembayaran nontunai untuk mencegah kontaminasi.

  • Saat membutuhkan layanan kesehatan

Saat tubuh Anda terasa tidak sehat dan dalam kondisi tidak gawat darurat, pilihlah fasilitas telemedicine terlebih dahulu daripada langsung berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit. Anda bisa menggunakan aplikasi Pakdok untuk berkonsultasi secara online dengan dokter umum dan mendapat anjuran medis. Namun, jika kondisi sakit yang dialami termasuk dalam kondisi gawat darurat, maka segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat sambil menerapkan protokol pencegahan kesehatan yang ada.

Meski penerapan new normal telah dicanangkan oleh pemerintah, namun bukan berarti virus Corona telah hilang dan tidak lagi menjadi ancaman. Karena itu, Anda tetap harus memperkuat daya tahan tubuh dengan memerhatikan asupan nutrisi dan cairan, dan menerapkan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup, rutin berolahraga, serta kelola stres dengan baik. (RD)

Sumber:

  • Kemenkes RI. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). 2020
  • Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi 2020.