Pantang 3 Buah Ini Untuk Ibu Hamil! Karena Ternyata Bisa Membahayakan Kehamilan

425

Demi keselamatan janin, para ibu hamil selalu berusaha memberikan yang terbaik. Dimana mereka akan melakukan berbagai cara agar janin bisa tumbuh sehat. Saat hamil memang saat dimana Anda boleh pesta makan maksudnya adalah Anda bisa makan lebih banyak. Namun tentu makanan yang dimakan harus sehat dan bergizi.

Makanan yang Anda makan sangat berpengaruh pada janin, sehingga Anda harus pintar dalam memilih makanan. Pada saat hamil Anda bisa mengalami morning sickness, sehingga sering malas makan, untuk membantu agar asupan Anda tidak kurang bisa makan buah. Buah sangat baik untuk kehamilan namun ada buah yang harus Anda hindari.

Berikut Adalah 3 Buah Yang Harus Anda Selama Hamil:

1.      Anggur

Anggur adalah buah yang baik, karena kaya akan asam organik, anti-oksidan, mineral, dan vitamin. Anggur juga membantu dalam metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mengatasi anemia.

Namun yang buat anggur tidak baik untuk ibu hamil adalah karena:

  • Penggunaan pestisida yang disemprotkan pada tanaman anggur untuk membuat serangga menjauh bisa saja masih menempel pada buah dan ikut termakan oleh ibu hamil, sehingga hal ini bisa berbahaya.
  • Anggur mengandung banyak Resveratrol, senyawa alami ditemukan di kulitnya yang beracun dan dapat menyebabkan reaksi berbahaya pada wanita hamil yang meyebabkan hormon tidak seimbang. Keracunan resveratrol  lebih lanjut menyebabkan beberapa komplikasi dalam perjalanan kehamilan
  • Dapat menyebabkan sembelit  karena kulit buah anggur cukup sulit untuk dicerna dengan benar

Selain itu ada beberapa hal yang membuat Anda sebaiknya menghindari makan anggur saat hamil yaitu:

  • Alergi terhadap buah anggur
  • Sudah menderita masalah pencernaan
  • Memiliki diabetes mellitus
  • Kegemukan

Hal lain yang penting adalah biasakan untuk membeli anggur hanya di musimnya atau bila tidak Anda pasti makan buah anggur yang ditanam menggunakan pestisida dan tidak diragukan lagi, akan membahayakan Anda dan janin

2.      Pepaya:

Makan pepaya matang saat hamil maka tidak akan terlalu membahayakan janin. Namun bila Anda makan pepaya yang masih muda, getah yang ada bisa memicu terjadinya keguguran karena menyebabkan kontraksi rahim pada tahap awal kehamilan dan kelahiran prematur pada tahap akhir kehamilan. Bahkan dokter-dokter meresepkan pepaya untuk mendorong persalinan. wanita di daerah terpencil menggunakan pepaya mentah untuk membatalkan kehamilan yang tidak diinginkan. Enzim yang hadir dalam pepaya tidak hanya menyebabkan aborsi tetapi juga bersifat teratogenik (mempengaruhi pertumbuhan fisiologis janin).

Namun, tidak ada salahnya bila Anda makan pepaya matang . Namun pepaya matang hanya mengandung sedikit papain dimana merupakan antioksidan, vitamin dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Pepaya mentah dapat menyebabkan:

  • Melemahnya membran penting dari bayi yang belum lahir. Papain dalam pepaya muda bersifat proteolitik (memecah protein) yang menyebabkan disosiasi sel. Hal ini akan mengakibatkan melemahnya pertumbuhan sel dan perkembangan jaringan janin.
  • Mempengaruhi kadar gula darah sehingga tidak aman untuk makan pepaya jika Anda didiagnosis mengalami diabetes gestasional
  • Memang benar bahwa pepaya meredakan sembelit dan dapat menyembuhkan masalah radang usus. Namun tidak baik untuk ibu hamil karena kondisi ini dapat membuat tekanan di dalam rahim dan memperbesar kemungkinan keguguran
  • Pepaya muda dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah, dan menyebabkan terjadinya perdarahan internal bahkan pendarahan di plasenta. Hal ini akan memperlambat sirkulasi darah dan nantinya dapat mempengaruhi perkembangan janin.

3.      Nanas

Meskipun nanas merupakan sumber yang baik dari vitamin, protein dan mineral, makan nanas terutama selama tahap awal kehamilan harus dihindari demu menjaga diri dari kejadian tak terduga seperti memperlemah leher rahim. Hal ini karena:

  • Bromelain, enzim dalam nanas dapat menyebabkan melemahnya leher rahim dan mengakibatkan persalinan prematur atau keguguran
  • Nanas memiliki konsentrasi gula yang tinggi sehingga berbahaya bagi wanita dengan diabetes gestasional
  • Selain itu juga dapat memicu kontraksi rahim
  • Nanas dianggap sebagai ‘makanan panas’. Dan makanan panas yang diketahui menyebabkan persalinan prematur atau keguguran

Selalu makan buah-buahan segar dan segera memakannya setelah dipotong. Hindari makan buah-buahan yang memiliki bau busuk meski setengah busuk tetap harus dihindari untuk Anda para wanita hamil. Selalu ingat bahwa selama hamil, sistem kekebalan tubuh ibu lemah sehingga harus memberikan makanan terbaik untuk ibu. Pastikan ibu hamil mendapat makanan segar dan sehat. Jaga apa yang harus dihindari dan apa yang harus dikonsumsi untuk perkembangan yang sehat dari bayi dan ibu. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk perawatan yang tepat dan tindakan pencegahan apa yang harus dilakukan.

 

Sumber: beingtheparent