Pasca Operasi Caesar, Olahraga Apa Yang Diperbolehkan?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

169

Apakah Operasi Caesar (C-section) itu?

C-section adalah singkatan dari seksio caesar. Proses melahirkan yang dapat direncanakan atau tidak. Selama C-section, dokter membuat sayatan di kulit Anda, melalui sel-sel lemak, jaringan ikat, dan jauh ke dalam rongga perut. Otot-otot perut kemudian disingkap dan kandung kemih dipindahkan dari jalan menuju ke rahim. Ada sayatan yang dilakukan pada rahim dan bayi dikeluar. Plasenta atau tali pusat dan ari-ari diambil segera setelahnya. Rahim kemudian dijahit, kandung kemih dikembalikan ke tempatnya, kemudian jaringan ikat, otot perut, dan kulit dijahit, hingga berbagai lapisan. Oleh karena memiliki banyak lapisan jahitan, maka jaringan parut akan terbentuk dikemudian hari.

Kapan Saya Diperbolehkan Olahraga?

Operasi caesar adalah operasi besar, jadi jangan memaksakan diri Anda untuk olahraga terlalu cepat. Enam minggu pertama setelah operasi adalah waktu untuk penyembuhan bagi tubuh Anda. Namun, Anda pun dapat mulai melakukan latihan dasar panggul (pelvic floor exercise) segera setelah melahirkan. Periode kehamilan memberikan beban untuk dasar panggul Anda, jadi latihan untuk memperkuat dasar panggul merupakan satu hal yang penting.

Setiap kali Anda mengangkat bayi, mulailah untuk berlatih mengencangkan otot-otot dasar panggul dan cobalah untuk memperbaiki postur. Anda mungkin terbiasa dengan posisi membungkuk, terutama jika di lokasi jahitan Anda terasa sakit. Perlu diingat bahwa kebiasaan membungkuk dapat menyebabkan nyeri punggung, dan dapat membuat perut Anda menonjol.

Berlatihlah berdiri dengan posisi yang benar sesering mungkin. Latihan ini juga akan menguatkan otot perut Anda dan melindungi tulang punggung Anda. Jangan angkat barang yang berat setidaknya untuk dua bulan pertama!

Apa Contoh Latihan Pasca Operasi Caesar?

Langkah-langkah ini akan membantu dalam memperkuat otot-otot di perut Anda. Latihan ini juga akan membantu Anda melindungi tulang belakang dan memiliki postur yang baik.

  1. Berbaringlah ke samping dan sedikit menekuk lutut Anda.
  2. Relaksasikan otot perut Anda dan bernapaslah secara perlahan.
  3. Saat Anda bernapas, tariklah otot perut Anda dengan pelan.
  4. Pada saat yang sama, peras (kontraksikan) otot-otot dasar panggul Anda.
  5. Pegang otot perut Anda dan peras (kontraksikan) otot dasar panggul Anda selama 10 detik, lalu lepaskan dengan perlahan
  6. Ulangi latihan ini 10 kali.
  7. Coba lakukan latihan ini tiga kali sehari.

Setelah 6 Minggu, Apa Olahraga yang Diperbolehkan?

Setelah 6 minggu, Anda mulai diijinkan untuk berolahraga dengan tingkat kekuatan yang relatif lebih tinggi. Namun, jika Anda mengalami perdarahan atau rasa sakit pada bekas luka, panggul dan punggung selama atau setelah berolahraga, maka kurangi intensitas olahraga menjadi lebih ringan.

Coba mulai dengan dua sesi latihan per minggu berdurasi 15 menit, dan jika Anda mau, perlahan tingkatkan intensitas latihan Anda. Tingkatkan durasi latihan Anda lima menit dua minggu sekali. Anda dapat perlahan-lahan meningkatkan durasi hingga jumlah yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda.

Contoh latihan yang bermanfaat adalah:

  1. Modified side planks
  2. Bodyweight squats
  3. Bodyweight split squats (sesuaikan tingkatan squat Anda secara perlahan)
  4. Band pull-aparts
  5. Inverted row

Catatan: Pada jenis olahraga diatas, Anda harus menjaga tubuh Anda dalam “garis lurus”.

Di bawah ini adalah beberapa jenis latihan yang harus dihindari pasca caesar:

  1. Crunch, sit-up, leg raise, dan plank depan
  2. Lari, melompat, step ups
  3. Overhead press
  4. Latihan beban
  5. Latihan apa pun dengan tekanan langsung ke otot dasar panggul, seperti barbell back squat.

Olahraga pasca operasi caesar sama dengan pasca setelah kelahiran normal. Perhatikan tubuh Anda selama dan terutama setelah berolahraga. Sebagai catatan penting, olahragalah dengan cara yang membuat Anda merasa aman, dan tingkatkan intensitasnya secara perlahan. (TYA)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Hanna Dabbour. 2017. When can I exercise after a caesarean?. Baby Center, dapat diakses melalui https://babycentre.co.uk/x1960/when-can-i-exercise-after-a-caesarean
  2. Jessie Mundell. 2018. Returning To Exercise After A C-section, dapat diakses melalui https://girlsgonestrong.com/blog/pregnancy/c-section-pregnancy/returning-to-exercise-after-a-c-section/
  3. Tommy’s. 2018. When and how to exercise after a c-section, dapat diakses melalui https://tommys.org/pregnancy-information/labour-birth/caesarean-section/when-and-how-exercise-after-c-section

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store