PEMERIKSAAN TEKANAN DARAH YANG TEPAT

5

Mengapa perlu rutin memeriksakan tekanan darah?

Mengukur tekanan darah Anda adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi kadang tidak memiliki tanda atau gejala peringatan awal, dan banyak orang tidak tahu mereka memilikinya. Dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin dapat mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius di kemudian hari.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah?

Pemeriksaan pengukuran tekanan darah dapat dilakukan kapan saja. Tekanan darah biasanya terendah setelah bangun dan cenderung akan terus mengalami perubahan sepanjang hari. Ini adalah hasil dari perubahan hormon, tingkat aktivitas, dan makan. Bila Anda ingin melakukan pengukuran untuk memantau efektivitas obat antihipertensi yang Anda konsumsi sebaiknya lakukan pemeriksaan ulang dikemudian hari.

Bagaimana pemeriksaan tekanan darah yang benar?

Sebelum melakukan pemeriksaan, ada yang perlu dilakukan atau dihindari agar pemeriksaan tekanan darah lebih akurat:

  • Jangan melakukan pemeriksaan tekanan darah langsung setelah melakukan aktivitas berat seperti lari atau berjalan jauh. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat. Usahakan dalam kondisi tenang saat pemeriksaan tekanan darah. Anda dapat mencoba santai dengan duduk selama lima menit dalam posisi senyaman mungkin sebelum pemeriksaan dilakukan.
  • Sebaiknya jangan makan, merokok, dan minum minuman berkafein atau minuman beralkohol, 30 menit sebelum pemeriksaan. Selain itu, jangan lupa buang air kecil terlebih dulu. Saluran kemih yang penuh dapat meningkatkan tekanan darah walau hanya sedikit.
  • Posisikan lengan Anda setinggi jantung, di meja atau lengan kursi. Pastikan telapak tangan berada di atas.
  • Manset pada alat pemeriksaan tekanan darah seharusnya langsung menyentuh kulit agar hasil pemeriksaan akurat. Gunakan pakaian yang tidak ketat terutama pada bagian lengan agar mudah di gulung ke atas.
  • Sebaiknya ulangi pemeriksaan beberapa kali dengan jeda 2-3 menit. Catatlah setiap hasil pemeriksaan.

Bagaimana jika mendapatkan pembacaan tekanan darah tinggi?

  • Pembacaan tekanan darah yang tinggi tunggal secara langsung bukanlah sebuah alarm bahaya. Jika Anda mendapatkan pembacaan yang sedikit atau lebih tinggi dari biasanya, lakukan tekanan darah Anda beberapa kali lagi dan konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda untuk memverifikasi apakah ada masalah kesehatan atau apakah ada masalah dengan monitor Anda.
  • Jika pembacaan tekanan darah Anda tiba-tiba melebihi 180/120 mm Hg, tunggu selama lima menit dan lakukan pemeriksaan ulang. Jika monitor masih menunjukkan angka yang sama, segera hubungi dokter karena angka tersebut merupakan angka yang menunjukkan adanya krisis hipertensi.
  • Jika tekanan darah Anda lebih tinggi dari 180/120 mm Hg dan Anda mengalami tanda-tanda kemungkinan kerusakan organ seperti nyeri dada, sesak napas, sakit punggung, kelemahan, perubahan penglihatan, sulit bicara, jangan menunggu untuk melihat apakah tekanan Anda turun dengan sendirinya. Segera periksakan untuk mendapatkan tata laksana lebih lanjut.

Diskusikan dengan dokter Anda tentang seberapa sering Anda harus mengukur tekanan darah Anda atau  bagaimana cara mengukurnya sendiri. (PP/PAY)

Referensi:

CDC. 2019. Measuring Blood Pressure.

WebMD. 2018. Checking Your Blood Pressure.

American Heart Association. 2017. Monitoring Your Blood Pressure At Home.