Pencegahan Gangguan Pendengaran Akibat Kebisingan

52

Pendengaran sangat penting bagi kehidupan manusia dalam membantu aktivitas sehari-hari. Bahkan sejumlah kecil gangguan pendengaran dapat memiliki efek negatif dalam bicara, pemahaman bahasa dan komunikasi.

Gangguan pendengaran yang diinduksi oleh kebisingan (Noise-induced hearing loss) adalah berkurangnya pendengaran seseorang sebagai akibat dari paparan yang lama terhadap tingkat kebisingan yang tinggi. Gangguan pendengaran dapat terjadi akibat kerusakan pada struktur atau serabut saraf di telinga bagian dalam yang merespons suara. Ketika struktur sensitif telinga bagian dalam rusak, gangguan pendengaran sementara atau permanen dapat terjadi.

Gangguan pendengaran yang diinduksi kebisingan dapat disebabkan oleh paparan suara dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat seperti ledakan atau dari mendengarkan suara keras dalam waktu yang lama. Kehilangan pendengaran yang disebabkan oleh paparan terhadap kebisingan sebenarnya dapat dicegah. Yuk ketahui bagaimana cara pencegahan gangguan pendengaran akibat kebisingan!

Apa gejala gangguan pendengaran yang diinduksi kebisingan?

Paparan bising yang keras dapat menyebabkan gejala yaitu:

  • Tinnitus – kondisi dimana Anda mendengar suara dengungan atau berdenging di dalam telinga. Kehilangan pendengaran dan tinitus dapat terjadi pada satu atau kedua telinga.
  • Dapat mendengar namun mengalami kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain.
  • Rasa sakit di telinga setelah paparan suara keras.

Bagaimana cara pencegahannya?

Untuk mengurangi risiko gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan lakukan langkah pencegahan berikut:

  • Identifikasi sumber suara keras (seperti mesin pemotong rumput bertenaga gas, suara mobil, perkakas listrik, tembakan, atau musik) yang dapat berkontribusi pada gangguan pendengaran. Suara apa pun di atas sekitar 85 desibel dapat menyebabkan gangguan pendengaran.
  • Cobalah untuk menghindari atau membatasi paparan suara tersebut terutama dalam jangka waktu yang lama.
  • Kecilkan volume sistem musik. Berhati-hatilah mendengarkan musik dengan menggunakan earbud. Ini akan mengantarkan suara musik langsung ke gendang telinga Anda. Jika didengar dalam volume yang keras dan dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan gangguan pendengaran.
  • Jika Anda bekerja di lingkungan yang bising, pastikan untuk menjaga kesehatan telinga dan pendengaran. Gunakan akat pelindung seperti penyumbat telinga busa sekali pakai atau penutup telinga (earplugs) untuk mengurangi kebisingan.

Lakukan pemeriksaan kesehatan telinga Anda ke dokter spesialis telinga jika Anda mengalami kehilangan pendengaran. (PP)