PENCEGAHAN KARANG GIGI

19

Karang gigi atau kalkulus gigi adalah plak yang menumpuk dalam waktu lama dan mengeras di gigi. Plak berkembang ketika makanan yang mengandung karbohidrat (gula dan pati), seperti susu, minuman ringan, kismis, kue, atau permen sering tertinggal di gigi. Bakteri yang hidup di mulut tumbuh subur di makanan ini, menghasilkan asam sebagai hasilnya. Dalam periode waktu tertentu, asam-asam ini merusak enamel gigi, sehingga gigi menjadi rusak.

Kebanyakan orang sering mengabaikan masalah kesehatan mulut dan gigi mereka. Padahal banyak cara mudah untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi sejak dini Anda dapat terhindar dari berbagai masalah dan penyakit gigi lainnya.

Anda dapat menghilangkan plak dengan menyikat dan membersihkan gigi secara teratur dengan sikat gigi berbulu halus. Beberapa dokter gigi merekomendasikan sikat gigi elektrik karena diyakini lebih efektif menghilangkan plak. Namun, plak yang telah mengeras menjadi karang gigi harus diangkat oleh dokter gigi. Dokter gigi dapat mengeluarkannya saat Anda melakukan pemeriksaan dan pembersihan gigi secara teratur. Karena karang gigi dapat menumpuk di tempat-tempat yang sulit dijangkau, sangat penting untuk mengunjungi dokter gigi dua kali setahun untuk menjaganya tetap terkendali.

Apa yang perlu dilakukan untuk mencegah karang gigi?

Pencegahan karang gigi dapat dilakukan dengan cara:

  1. Rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Menyikat gigi harus dilakukan secara teratur dan harus sesuai dengan gerakan memutar. Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut sehingga dapat membersihkan hingga ke sela gigi.
  2. Pilih pasta gigi yang tepat yaitu pasta gigi yang mengandung bahan fluorida untuk membantu menghilangkan plak-plak yang ada menempel di gigi.
  3. Gunakan obat kumur yang mengandung antibakteri untuk membantu mencegah terjadinya penumpukan plak di gigi.
  4. Gunakan dental floss atau benang gigi untuk membantu membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau.
  5. Makanlah makanan yang seimbang dan batasi jumlah camilan di antara waktu makan.
  6. Jika Anda membutuhkan camilan, pilih makanan bergizi seperti yogurt, keju, buah, atau sayuran.
  7. Hindari merokok

Untuk mencegah karang gigi menjadi semakin parah dan menimbulkan peradangan, diperlukan perawatan khusus yaitu dengan proses scaling. Scaling merupakan metode yang digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Metode ini dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama scaler.

Kapan waktu yang tepat untuk perawatan karang gigi?

Rutin memeriksakan kesehatan mulut dan gigi merupakan salah satu pencegahan terhadap timbulnya karang gigi. Temui dokter gigi atau ahli kebersihan mulut Anda setiap 6 bulan untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi. (PP/PAY)

Referensi:

  • WebMD. 2019. Plaque And Your Teeth.
  • American Dental Association. 2016. Plaque Attack.
  • Healthline. 2019. What Is Dental Plaque?