Penderita Hipertensi Juga Harus Kurangi Gula

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

274

Penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) semakin popular di masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari semakin meningkatnya angka kejadian penyakit tidak menular yang satu ini. Berbagai mitos dan fakta pun semakin banyak diketahui oleh para penderitanya.

Salah satu fakta yang sering diketahui oleh sebagian besar penderita hipertensi adalah bahwa mereka harus menjauhi konsumsi garam yang berlebihan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata gula juga memiliki andil dalam peningkatan tekanan darah? Mari kita simak penjelasannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh JAMA dengan cara membandingkan orang-orang yang mengkonsumsi kurang dari 10% kalori dengan orang-orang yang mengkonsumsi 10-24,9% kalori dari gula. Hasilnya orang yang mengkonsumsi gula lebih banyak cenderung memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung 30% lebih tinggi, sementara mereka yang mengkonsumsi 25% kalori atau lebih dari gula memiliki risiko tiga kali lebih besar.

Sebuah riset menunjukan bila pada umumnya gula atau khususnya fruktosa mempunyai peran penting untuk mengembangkan risiko hipertensi serta penyakit jantung melalui berbagai mekanisme. Mengkonsumsi sekitar 700 ml minuman ringan terbukti bisa menyebabkan peningkatan rata-rata tekanan darah sebesar 15/9 mmHg serta denyut jantung sebesar 9 bpm.

Oleh sebab itu, penelitian berkesimpulan bahwa gula lebih bisa mempengaruhi tekanan darah daripada garam. Untuk itu kurangi mengkonsumsi makanan kemasan, sangat disarankan untuk hanya mengkonsumsi gula maksimal 6 sendok teh per-harinya.

Teori yang mengatakan bahwa gula lebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi mungkin masih kontroversial. Namun, yang bisa menjadi kesimpulan adalah, kurangilah makanan dalam kemasan atau makanan yang mengandung gula tinggi agar tekanan darah Anda tetap terkontrol.

Asupan gula yang sangat tinggi dalam diet Anda tentunya tidak baik untuk kesehatan Anda, terlepas dari Anda mempunyai tekanan darah tinggi atau tidak. Beberapa penelitian seperti disebutkan di atas pun telah membuktikan bahwa pengurangan konsumsi gula, baik yang ditambahkan maupun yang ditemukan dalam makanan kemasan, dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda dapat mengganti konsumsi gula pada makanan kemasan atau minuman seperti teh dan kopi, dengan buah-buahan. Mengonsumsi buah secara langsung terbukti lebih aman dan rendah gula daripada menjadikannya olahan seperti jus ataupun salad. Anda juga bisa mulai membiasakan diri untuk mengurangi konsumsi kopi dan teh yang biasa Anda lakukan atau menggantinya dengan kopi tanpa gula atau teh tawar.

Tetap terapkan gaya hidup sehat dengan melakukan diet seimbang, olahraga teratur, menjaga berat badan, dan tidak merokok untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda dan terhindar dari berbagai penyakit. (BR/STE)

DAFTAR PUSTAKA


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store