Pengen Tetap Olahraga Saat Puasa? Ikuti Tips Berikut

142

Pada saat bulan puasa bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga. Bila Anda tetap ingin berolahraga boleh saja, asal tidak terlalu berlebihan dan membebani tubuh Anda. Dengan berolahraga saat puasa akan membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh Anda.

 

Bila Anda tetap ingin berolahraga, coba lakukan tips berikut:

– Jangan berlebihan

Yang harus Anda ingat bahwa energi yang Anda miliki saat berpuasa tentu berbeda dengan hari-hari biasa. Jangan menggunakan momen puasa sebagai ajang untuk menguruskan badan. Ingat bahwa awal niatnya adalah untuk beribadah. Sehingga Anda tidak boleh melakukan olahraga terlalu berlebihan untuk semakin menurunkan berat badan. Bila Anda olah raga berlebihan maka tubuh akan membakar banyak kalori. Padahal bila tubuh terlalu banyak membakar kalori di bulan puasa bisa membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi,  tetapkan bahwa tujuan Anda berolahraga adalah untuk menjaga tubuh tetap bugar di bulan puasa.

– Intensitas latihan dikurangi

Apabila saat hari biasa Anda bisa melakukan olahraga selama 1 jam maka Anda bisa menguranginya menjadi setengah jam. Yang terpenting disini adalah Anda tetap konsisten melakukan latihan pada jadwal yang sudah Anda miliki. Selain itu bila Anda bisa melakukan olahraga jenis berat maka Anda bisa menggantinya dengan jenis olahraga yang lebih ringan. Misalnya bila Anda lebih sering berlari maka bisa diganti dengan jalan cepat.

– Pilih waktu yang tepat

Pemilihan waktu olahraga disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Namun biasanya disarankan pada sore hari menjelang berbuka puasa. Karena tubuh Anda tidak menunggu terlalu lama untuk mendapatkan asupan lagi.

 

Nah jangan jadikan puasa sebagai alasan tidak olahraga ya. Tetap berolahraga dan jaga kesehatan Anda selalu. Selamat menjalankan ibadah puasa.

 

 

Sumber: readersdigest