Pengendara Sepeda Lebih Bahagia Dibandingkan Pengendara Mobil?

195

Mengendarai sepeda mungkin akan sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, baik dari sisi fisik maupun untuk pikiran. Menurut para peneliti, mereka yang menggunakan sepeda untuk mencapai suatu tempat ke tempat lain secara umum dinilai lebih bahagia dibandingkan mereka yang menyetir mobil atau menggunakan transportasi masal.

“Kami menemukan bahwa orang yang naik sepeda memiliki mood yang paling baik saat mereka bersepeda dibanding mereka yang menggunakan moda transportasi lain” kata Eric Morris, penulis dari penelitian yang diadakan di Clemson University di South Carolina, Amerika Serikat. Menurut para peneliti, pengendara sepeda secara umum tampil lebih muda dan secara fisik lebih sehat, dimana kedua hal ini menggambarkan kebahagiaan dari seseorang.

Para peneliti memeriksa bagaimana perbedaan emosi seseorang ketika melakukan perjalanan dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh the Bureau of Labor Statistics. Para peneliti memeriksa berbagai perasaan seperti rasa senang, nyeri, stress, kelelahan dan kesedihan. Arti dari perjalanan tersebut juga ikut dicatat.

Menurut studi yang diterbitkan oleh the Journal Transportation, pengendara sepeda merupakan kelompok yang melakukan perjalanan yang paling bahagia. Berikutnya dibelakang pengendara sepeda, penumpang mobil merupakan  kelompok kedua yang bahagia. Sedangkan pengemudi mobil menempati posisi ketiga.

Sebaliknya, pengguna bis dan kereta merupakan kelompok orang yang melakukan perjalanan paling tidak bahagia. Tetapi bis dan kereta api merupakan sarana transportasi yan paling banyak dipergunakan oleh orang untuk berangkat bekerja, yang mungkin menjelaskan mengapa banyak orang kurang antusias menggunakan sarana transportasi ini. Kondisi emosional dari pengguna bis dan kereta sangat bergantung pada kecepatan dan lamanya perjalanan yang ditempuh.

Sumber: webmd