PENGGUNAAN SARUNG TANGAN DI TEMPAT UMUM

26

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyampaikan bahwa virus penyebab Covid-19 tidak bisa hilang dalam waktu singkat dan masih akan menjadi masalah di seluruh dunia sehingga tatanan hidup normal yang baru perlu diterapkan oleh masyarakat.

Kehidupan normal yang baru adalah kebiasaan-kebiasaan untuk hidup bersih dan sehat, yaitu selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik, memakai masker jika harus ke luar rumah, hindari kerumunan, serta menjaga jarak fisik. Hal ini sangat diperlukan agar penyebaran infeksi Covid-19 bisa dikendalikan dengan baik tanpa membatasi produktivitas setiap orang.

Apakah penggunaan sarung tangan plastik atau karet di tempat umum efektif dalam mencegah penyebaran infeksi Covid-19?

Tidak. Rutin mencuci tangan memberikan perlindungan yang lebih dibanding dengan penggunaan sarung tangan plastik atau karet. Anda masih mungkin terkena infeksi Covid-19 walaupun sudah menggunakan sarung tangan. Menggunakan sarung tangan di tempat umum (misalnya ketika menggunakan keranjang belanja atau menggunakan ATM) tidak akan selalu melindungi Anda dari infeksi Covid-19 dan masih dapat menyebabkan penyebaran kuman. Jika selanjutnya Anda menyentuh bagian wajah, virus yang ada di sarung tangan dapat berpindah ke wajah dan bisa menginfeksi Anda.

Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari kuman saat menjalani aktivitas sehari-hari adalah dengan mencuci tangan Anda secara teratur dengan sabun dan air selama 20 detik atau menggunakan pembersih tangan dengan kandungan alkohol minimal 60%. Covid-19 adalah penyakit pernapasan yang penyebarannya terutama melalui droplet ketika seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Anda dapat melindungi diri dengan menjaga jarak fisik (1-2meter) dengan orang lain.

Pedoman dan rekomendasi untuk penggunaan sarung tangan bagi petugas kesehatan dan dalam dunia medis tentunya akan berbeda dari rekomendasi yang diberikan kepada masyarakat umum. Untuk masyarakat umum, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan pemakaian sarung tangan saat Anda membersihkan atau sedang merawat seseorang yang sakit.

  • Saat membersihkan atau mendesinfeksi rumah: ikuti petunjuk pada kemasan produk desinfektan yang mungkin termasuk penggunaan sarung tangan dan juga ventilasi udara yang baik.
  • Saat merawat orang yang sakit: Gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan area di sekitar orang yang sakit atau permukaan lain yang mungkin sering disentuh. (PK)

Referensi:

  • WHO. Wearing-gloves. 2020.
  • CDC US. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Wearing Gloves. 2020
  • Kemenkes RI. Pandemi Covid-19 Tuntut Masyarakat Hidup Normal yang Baru. 2020