Penjaga Tubuh Wanita Agar Tetap Sehat Adalah Hormon Estrogen! Ini Cara Agar Kadarnya Selalu Stabil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

367

Estrogen adalah hormon alami yang dimiliki oleh pria dan wanita. Estrogen akan menjaga seseorang untuk menjadi lebih sehat terutama wanita.

Wanita adalah mahkluk yang luar biasa, kadar estrogen dalam dirinya yang tinggi akan selalu menjaga tubuhnya dan menghindari dirinya dari berbagai macam penyakit.

Hal inilah yang menyebabkan seorang wanita mudah mengalami beberapa penyakit seperti penyakit jantung, osteoporosis dan beberapa penyakit lain saat sudah mengalami menopause. Pada masa ini maka kadar hormon estrogen dalam tubuh wanita akan menurun dratis.

Untuk membantu menjaga tubuh Anda para wanita, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan terutama untuk Anda yang sedang menjelang masa menopause dan sudah mengalami masa menopause.

Selain terapi estrogen yang diberikan oleh dokter, ada beberapa cara yang dapat membantu untuk menjaga kadar hormon estrogen dalam tubuh Anda.

Berikut adalah cara menjaga kadar hormon estrogen dalam tubuh:

  • Berhenti merokok

Anda mungkin sudah banyak mendengar kampanye yang meminta Anda untuk berhenti merokok. Iya, hal ini memang benar karena rokok tidak hanya memicu banyak penyakit namun juga memiliki efek buruk pada kadar hormon estrogen.

Kandungan nikotin dan bahan kimia lain dalam rokok memiliki pengaruh buruk terhadap sistem endokrin, serta menghambat kemampuan tubuh untuk menghasilkan estrogen secara efektif.

Sehingga seorang wanita perokok lebih mudah mengalami gangguan menstruasi, mengalami kemandulan dan menoupause dini.

  • Olahraga teratur

Tidak bosan-bosannya Kami mengingatkan pentingnya melakukan olahraga dengan teratur. Estrogen dibutuhkan oleh tubuh namun bila jumlahnya berlebihan maka bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita, sehingga untuk menjaga kadar hormon estrogen tetap stabil dalam tubuh adalah dengan melakukan olahraga secara teratur yaitu 3 kali dalam seminggu dan minimal 30 menit dalam sehari.

  • Diet sehat

Agar sistem endokrin Anda dapat bekerja dengan baik, maka membutuhkan kadar estrogen yang normal. Untuk menjaga kadar hormon estrogen untuk tetap stabil adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti:

  • Kacang kedelai dan produk yang terbuat dari kacang kedelai

Produk berbahan kacang kedelai, terutama tahu mengandung genistin, yang merupakan senyawa tanaman dengan efek menyerupai estrogen. Selain itu kandungan isoflavon juga merangsang produksi estrogen dalam tubuh. Satu cangkir kedelai mengandung 24 mg isoflavon atau 103.920 mcg fitoestrogen per 100 g .

  • Biji rami

Biji rami mengandung fitoestrogen yang disebut dengan lignan. Biji rami mengandung fitoestrogen paling tinggi: 379.380 mcg per 100 g, dan sekitar 85,5 mg lignan dalam satu ons biji rami.

  • Tahu

Tahu dibuat dari kedelai yang tinggi fitoestrogen atau yang disebut isoflavon. 3 ons tahu menawarkan 20 mg isoflavon atau sekitar 27,150.1 mcg fitoestrogen per 100 g .

  • Biji wijen

Biji wijen juga mengandung fitoestrogen yang dikenal dengan lignan. Satu ons biji wijen mengandung 11,2 mg lignan, atau 8008.1mcg fitoestrogen 100 g.

  • Buncis

Kacang buncis memberikan 993 mcg fitoestrogen per 100 gr.

Jaga terus kesehatan Anda dengan melakukan hal-hal diatas, ingat menjaga kesehatan Anda sebelum penyakit datang adalah hal yang terbaik yang dapat Anda lakukan. Dan hal diatas bukan hanya harus dilakukan oleh wanita yang menjelang masa menopause saja, namun bisa dimulai dari usia muda.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store