Pentingnya Memiliki Kotak P3k Di Rumah

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

401

Apakah Anda punya kotak P3K di rumah? Kotak P3K adalah salah satu peralatan wajib di setiap rumah sebagai langkah antisipasi terhadap cedera dan kondisi gawat darurat. Cedera atau luka bisa terjadi secara tiba-tiba dan penanganan pun harus cepat untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.  Beberapa insiden yang sering terjadi dirumah utamanya pada anak-anak di antaranya adalah luka terbuka atau memar karena jatuh, luka bakar ringan, keracunan makanan, mimisan dan demam.

Letakkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau, namun pastikan letaknya aman dari jangkauan anak-anak. Cek secara berkala isi kotak P3K agar pertolongan pertama selalu siap sedia. Pastikan barang-barang ini selalu ada di kotak P3K :

  1. Obat antiseptik

Berguna untuk membersihkan dan mengatasi luka ringan yang mengeluarkan darah, misalnya saat anak jatuh atau teriris benda tajam.

2. Obat batuk

Anda perlu menyimpan obat batuk dirumah untuk mengatasi serangan batuk mendadak di malam hari yang menyebabkan anak sulit tidur. Konsultasikan dosis dan cara pemberiannya kepada dokter sebelum memberikan kepada anak Anda, meskipun obat yang tersedia adalah obat yang dijual bebas di pasaran.

3. Oralit

Penting diberikan saat diare untuk mencegah dehidrasi. Larutkan bubuk oralit ke dalam air matang dan minuman pada anak 3-4 kali sehari.

4. Obat demam

Untuk anak umumnya mengandung zat aktif parasetamol atau asetaminofen. Bentuknya drops (tetes) atau sirup, diberikan jika suhu tubuh lebih dari 38 °C. Baca aturan pemberian dengan seksama, hubungi dokter jika demam berlanjut.

5. Obat gatal

Tersedia dalam bentuk lotion atau bedak, mengobati gatal akibat biang keringat, udara panas dan gigitan serangga. Juga sebagai antiseptik kulit dan anti alergi.

6. Plester luka

Melindungi luka kecil dari masukkan kuman penyakit.

7. Kasa steril

Berfungsi untuk menutupi luka yang agak besar.

Sekali lagi, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan isi kotak P3K setidaknya tiap tiga bulan sekali. Tujuannya untuk memastikan bahwa obat-obatan tersebut masih lengkap dan mengantisipasi jika ada obat yang sudah kadaluarsa. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Sediakan Kotak P3K di Rumah, di Mobil dan di Tas. https://alodokter.com/sediakan-kotak-p3k-di-rumah-di-mobil-dan-di-tas
  2. Pentingnya Kotak P3K Untuk Anak di Rumah. https://republika.co.id/berita/koran/medika/15/11/25/nyd3c81-pentingnya-kotak-p3k-untuk-anak-di-rumah\
  3. Pentingnya Sedia Kotak P3K di Manapun. https://health.kompas.com/read/2016/09/16/071700623/pentingnya.sedia.kotak.p3k.di.mana.pun
  4. Lengkapi Kotak P3K di Rumah. https://ayahbunda.co.id/keluarga-tips/lengkapi-kotak-p3k-di-rumah21

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store