Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Saat Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

418

Hamil merupakan anugerah terbesar yang Tuhan berikan kepada wanita yang telah menikah. Selama kehamilan tidak hanya asupan nutrisi, kesehatan gigi dan mulut juga penting diperhatikan. Namun karena perubahan hormonal maupun psikis saat hamil membuat banyak ibu hamil yang mengabaikan kesehatan gigi dan mulut mereka.

Pasalnya saat hamil muda, kebanyakan ibu hamil mengalami keluhan yang namanya morning sickness (mual muntah pagi hari) ditambah lagi dengan rasa lesu dan lemas, yang akhirnya membuat mereka menjadi lebih malas untuk melakukan perawatan gigi dan mulut. Namun tahukah anda ternyata keadaan rongga mulut ibu hamil dapat mempengaruhi kondisi bayi yang dikandungnya. Adapun penyakit gigi mulut yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil yaitu, gusi bengkak, gusi berdarah hingga gigi berlubang.

Pembengkakan gusi biasanya muncul dan akan semakin parah ketika kehamilan memasuki trimester kedua dan akan terus berlanjut hingga trimester ketiga. Namun, kondisi ini akan hilang setelah Anda melahirkan. Jika pembengkakan gusi saat kehamilan tidak segera diobati bisa menyebabkan peradangan gusi serius.

Peradangan gusi dapat menjalar hingga ke tulang di sekitar gigi dan gusi. Dalam beberapa kasus, peradangan gusi yang parah selama kehamilan meningkatkan risiko untuk melahirkan secara prematur dan berat badan lahir bayi yang rendah.

Untuk itulah, penting sekali menjaga dan merawat kesehatan gigi sewaktu hamil. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan supaya ibu hamil terhindar dari penyakit gigi dan mulut.

  • Sikat gigi minimal 2x sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut dengan ukuran yang sesuai yang dapat menjangkau seluruh permukaan gigi dan pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Batasi konsumsi makanan yang manis.
  • Pilih air putih atau susu rendah lemak dan hindari minuman bersoda selama kehamilan.
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, protein, fosfor, dan vitamin A, C, dan D untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin termasuk pada daerah gigi dan gusi.
  • Memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan gigi secara berkala.

Apabila selama hamil, ibu memiliki keluhan pada gigi dan mulut, segera kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan gigi untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan  yang tepat. (RH)

Daftar Pustaka

  1. Sardjono dr, dkk. Pedoman pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil dan anak usia balita bagi tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2012
  2. Bamanikar S, Kee KL. Knowledge, attitude and practice dental health care in pregnant women. Oman Medical J. 2013; 28(4): 2 88 – 91.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store